src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Pemprov Sumut Komitmen Implementasikan Satu Data Indonesia

MEDAN, Garuda News Nusantara – Data dan informasi yang akurat sangat penting dalam proses pembangunan. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kembali menegaskan komitmennya untuk mengimplementasikan program Satu Data Indonesia yang dicanangkan Presiden Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina saat membuka kegiatan rapat koordinasi peningkatan peran dan fungsi institusi statistik dalam Satu Data Indonesia, tingkat Provinsi Sumut, di Cambridge Hotel, Jalan S Parman, Medan, Rabu (30/10).

"Program apapun pastilah harus terhubung dengan data. Apapun yang dikerjakan pasti kembalinya ke data, datanya harus akurat, jangan sepele sama data," kata Sabrina.

Menurut Sabrina, dengan Satu Data Indonesia, ke depan tidak akan ada lagi perbedaan data antara satu instansi dengan yang lain. Hal tersebut dapat memudahkan segala pekerjaan pemerintah termasuk dalam mengambil kebijakan.

"Saya pikir satu data akan lebih baik lagi, tidak lagi nanti kita mempertentangkan data ini itu, yang membuat kita kesusahan sendiri," kata Sabrina.

Dalam Satu Data Indonesia yang akan diimplementasikan, Dinas Kominfo Sumut berperan sebagai walidata. Walidata adalah unit pada Instansi Pusat dan Instansi Daerah yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan data yang disampaikan oleh produsen data, serta menyebarluaskan Data.

Sedangkan OPD Pemprov Sumut dan daerah Kabupaten/Kota, serta instansi terkait lainnya berperan sebagai produsen data. Peran ini berfungsi untuk menghasilkan data. “OPD membuat datanya sendiri, nanti disatukan di walidata yaitu Kominfo, nanti Kominfo bersama BPS akan memverifikasi datanya, nanti data tersebut yang akan menjadi data yang bisa digunakan pengguna data,” ujar Sabrina.

Mengenai data, Pemprov Sumut akan memasukan materi mengenai pentingnya data pada diklat ASN Pemprov Sumut. Hal ini dilakukan agar ASN sadar bahwa data sangatlah penting untuk mengambil suatu kebijakan.

Selain itu juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Pemprov Sumut yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Sumut Abdul Aziz dengan Kepala Badan Pusat Statistik Sumut Syech Suhaimi agar mengimplementasikan prinsip Satu Data Indonesia dalam setiap penyelenggaraan kegiatan statistik untuk mewujudkan Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut Syech Suhaimi memaparkan beberapa fungsi dan tujuan Satu Data Indonesia. Di antaranya, memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data.

Mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi-pakaikan antar instansi pusat dan daerah. Mendorong keterbukaan dan transparansi Data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data, serta mendukung Sistem Statistik Nasional (SSN) sesuai peraturan perundang-undangan.

Suhaimi mengatakan ada 3 tahapan jangka pendek, menengah, dan panjang dalam mewujudkan sistem statistik nasional yang andal, efektif, dan efisien melalui Satu Data Indonesia. Nantinya, pada tahap akhir di tahun 2021, ditargetkan Portal Satu Data Indonesia yang data dari berbagai produsen data akan terwujud.

“Tinggal peran kita sebagai ASN kelembagaan baik pusat dan daerah yang sangat menentukan keberlangsungan Satu Data Indonesia yang sudah dicanangkan pemerintah kita,” kata Suhaimi.

Turut hadir Direktur Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik Efliza, kepala Dinas Kominfo se-Sumut, Kepala BPS se-Sumut, serta undangan lainnya. (Sil)

COMMENTS

Nama

Advertorial,38,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,647,Bengkulu,178,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,319,Hukum,627,Humbahas,57,Jakarta,132,Jambi,36,Jawa Barat,590,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,9,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,175,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2026,Megapolitan,148,Meranti,10,Mukomuko,20,Musirawas,19,Nasional,2006,Nusantara,3858,Padang,2,Pagaralam,22,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,388,Rokan Hilir,78,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1111,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,57,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Pemprov Sumut Komitmen Implementasikan Satu Data Indonesia
Pemprov Sumut Komitmen Implementasikan Satu Data Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-08cEDK9us1E/XbsO3-S1cnI/AAAAAAAAF0M/Cc-cMPY01JgHRrv3b2uQzYIHJj70xqnGACLcBGAsYHQ/s640/BPS%2BProvsu.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-08cEDK9us1E/XbsO3-S1cnI/AAAAAAAAF0M/Cc-cMPY01JgHRrv3b2uQzYIHJj70xqnGACLcBGAsYHQ/s72-c/BPS%2BProvsu.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2019/10/pemprov-sumut-komitmen-implementasikan.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2019/10/pemprov-sumut-komitmen-implementasikan.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy