src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Seminar Nasional Ismapi Sumut: Tata Kelola Manajemen Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan.

KISARAN, Garuda News Nusantara - Ikatan Sarjana Administrasi dan Manajemen Pendidikan Provinsi Sumatera (ISMAPI SUMUT) melaksanakan Seminar Nasional Pendidikan, sekaligus Musyawarah Daerah Pengurus Ikatan Sarjana Manajemen Pendidikan Indonesia ( ISMAPI ) Daerah Sumatera Utara masa bakti 2019 - 2023.

Seminar digelar dengan tema Tata Kelola Pendidikan dalam upaya Peningkatan Layanan Pendidikan di Masyarakat. Hal tersebut dikatakan Ketua Panitia Seminar dan Musda ISMAPI Dr Salim Aktar MPd didampingi Koordinator Acara Seminar dan Musda Ilyas Sitorus SE M Pd usai acara yang dilaksanakan di Sabty Garden Hotel Kisaran, Sabtu, (26/10/19).

Acara dibuka oleh Bupati Asahan H. Surya BSc yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asaha Drs Sofiyan Marpaung MPd dalam sambutannya mengatakan, rasa terimakasihnya kepada panitia Seminar dan Musda ISMAPI Provinsi Sumatera Utara telah memilih Kabupaten kami sebagai tempat seminar Nasional Pendidikan sekaligus tempat Musda ISMAPI masa bakti 2019 - 2023.

Pemerintah daerah berperan aktif meningkatkan kapabilitas inovasi pendidikan, melalui Sinkronisasi peraturan dan kebijakan terkait penyelenggaraan pendidikan dan pendukungnya. Pemerataan akses layanan pendidikan yang sesuai dengan potensi sosial budaya ekonomi masyarakat untuk mendapatkan konsep dan arahan implementatif yang holistik, ujar Bupati dalam sambutan tertulisnya.

Selanjutnya Dr Darwin dalam paparannya mengatakan bahwa Pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang tepat, jelas, dan nyata yang berakar pada penyelenggaraan pendidikan yang efektif, efisien, bersih, dan bertanggung jawab serta penerapan tata kelola yang baik dapat membangun sebuah sistem dalam institusi pendidikan kepada Raport mutu yang selanjutnya melahirkan generasi penerus bangsa.

Penerapan tata kelola yang baik membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan, diantaranya mampu memberi ruang kepada pihak di luar pemerintah, yaitu masyarakat, agar ikut berperan optimal sehingga tercipta sinergi antara lembaga pendidikan dengan stakeholdernya.

Penerapan tata kelola pemerintahan yang baik juga memberikan nilai-nilai, seperti nilai keadilan, efisiensi, dan daya tanggap, yang mendorong lembaga pendidikan maupun Pemerintah lebih efektif dalam bekerja tanpa mengabaikan orientasi pada kebutuhan pelanggan pendidikan.

Tata kelola kepemerintahan yang baik memberikan kondisi bersih dari korupsi yang berorientasi pada kepentingan publik, bukan sekelompok orang atau golongan, ujar Darwin.

Prof Dr Ibnu Hajar Damanik MSi sebagai pemakalah kedua mengamini apa yg di sampaikan pemakalah pertama Dr Darwin. Komitmen yang kuat dan baik tersebut harus datang dari pihak-pihak di dalam lembaga pendidikan maupun pihak-pihak di luar lembaga pendidikan seperti pemerintah, swasta, dan masyarakat. Koordinasi yang baik, integritas, profesionalisme, serta etos kerja dan moral tinggi.

Untuk pelaksanaan tata kelola yang baik, diperlukan adanya Pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang tepat, jelas, dan nyata yang berakar pada penyelenggaraan pendidikan yang efektif, efisien, bersih, dan bertanggung jawab.

Menurut Ibnu, penerapan tata kelola yang baik dalam pengelolaan pendidikan dapat membangun sebuah sistem dalam institusi pendidikan yang akan melahirkan generasi-generasi penerus bangsa. Katanya.

Sementara, Kadisdik Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus SE MPd ketika dikonfirmasi awak media terkait materi yang disampaikan para pemakalah tentang tata kelola pendidikan mengatakan, sesungguhnya Sekolah diharapkan meningkatkan kapabilitas inovasi pendidikan melalui Pelaksanaan tata kelola yang baik dan bersih di lingkungan sekolah, yang mengedepankan karakteristik partisipatif, beriorientasi pada akuntabel, transparan, responsif, efektif dan efisien, serta sesuai dengan peraturan dan hukum, dengan menjaga nilai-nilai luhur pendidikan dengan memperhatikan Raport mutu. Ungkapnya.

Peserta seminar berjumlah 520 orang terdiri dari kepala sekolah, pengawas, dan guru-guru yang berasal dari Kabupaten asahan, Kabupaten Batu Bara, dan Kota Tanjung Balai ditambah perwakilan Mahasiswa S2 dan S3 Program Studi Manajemen Pendidikan Unimed serta pengurus ISMAPI Sumatera Utara.

Seminar ini menghadirkan Narasumber Prof Dr Ibnu Hajar MSi (Rektor Univ. Asahan), Drs Sofian Marpaung M.Pd (Kadis Pendidikan Asahan) Dr Ir Darwin MPd (Pengurus ISMAPI Pusat Jakarta), dan moderator Dr Sukarman Purba MPd. Pungkas Ilyas Sitorus yang akrab disapa Ncekli. (Sil)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,706,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,70,Headline,421,Hukum,826,Humbahas,342,Jakarta,230,Jambi,217,Jawa Barat,984,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,247,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,319,Meranti,12,Mukomuko,104,Musirawas,19,Nasional,2511,Nusantara,5748,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,34,Sumatera Utara,1841,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,211,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Seminar Nasional Ismapi Sumut: Tata Kelola Manajemen Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan.
Seminar Nasional Ismapi Sumut: Tata Kelola Manajemen Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsbeNCCZs9qIrwrZ2gohBSZ-QWV-w62Bw6Lk6y2u5wVVSbcfU7nzZawjNsvJy83I-l87w0LE5kKfjJ7FFa9G7_MYzjfrxuGcSZpV0-P_n3QJmNTKnjNlcg0aHXGG_Eq0YLdeChQ2HrYb0/s640/SEMINAR.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsbeNCCZs9qIrwrZ2gohBSZ-QWV-w62Bw6Lk6y2u5wVVSbcfU7nzZawjNsvJy83I-l87w0LE5kKfjJ7FFa9G7_MYzjfrxuGcSZpV0-P_n3QJmNTKnjNlcg0aHXGG_Eq0YLdeChQ2HrYb0/s72-c/SEMINAR.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2019/10/seminar-nasional-ismapi-sumut-tata.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2019/10/seminar-nasional-ismapi-sumut-tata.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy