src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Bupati Batubara Buka Seminar Nasional "Strategi Peningkatan Kinerja Guru di Revolusi 4.0"

BATUBARA, Garuda News Nusantara - Tema Hari Guru Nasional pada tahun ini adalah ”Guru Penggerak Indonesia Maju" Jika Melihat Tema Ini maka Guru memiliki peran Strategis Sebagai penggerak yang berarti mampu Menggerakkan dan siap bergerak menuju kemajuan Indonesia melalui dunia pendidikan.

Hal tersebut di katakan Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M AP saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan Seminar Nasional Pendidikan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia ke 74 Tahun 2019 di GOR Tanjung Gading Inalum Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara, Jumat, (28/11/2019).

Zahir juga mengatakan dalam era Revolusi Industri 4.0, sistem pendidikan Nasional dihadapkan pada tantangan yang amat komplek tetapi menarik. Oleh karena itu, PGRI sebagai organisasi profesi juga ditantang agar mampu menggerakan guru, pendidik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan untuk memberikan andil tidak hanya dalam penyelenggara pendidikan disekolah, tetapi lebih dari itu harus merasa terpanggil untuk ikut melahirkan pemikiran tranformatif dalam pengembangan kebijakan pemerintah untuk melahirkan berbagai gagasan dan tindakan inovatif sesuai dengan tantangan abad ke 21. Ungkap Zahir.

Sementara Prof Dr Ibnu Hajar Damanik MPd selaku Narasumber bersama Dr Darwin ST M Pd mengatakan, kita menyadari tantangan Guru sulit saat ini karena disandingkan dan bersaing dengan mesin, yang jauh lebih cerdas, lebih cepat dan lebih efektif dalam pencarian informasi dan pengetahuan. Itu para guru perlu mengubah cara mengajar dari yang bersifat tradisional menjadi pembelajaran multi-stimulan agar lebih menyenangkan dan menarik.

Menurut Ibnu, peran guru sudah saatnya harus berubah, semula menjadi pemberi pengetahuan menjadi fasilitator, mentor, motivator, inspirator, pengembang imajinasi, menjadi kreativitas, menjadi pengembang nilai-nilai karakter, serta mau membangun team work, dan empati sosial, karena nilai-nilai itulah yang tidak dapat diajarkan oleh mesin. Kata Ibnu.

Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus mengatakan rasa terimakasihnya kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan khususnya di Kabupaten Batu Bara tanah bertuah ini, umumnya di Indonesia, terkhusus kepada Guru Honorer yang selama ini tiada kenal lelah dalam mengisi kekosongan guru di sekolah.

Tanpa dedikasi mereka, dapat dibayangkan bagaimana proses belajar mengajar berlangsung di sekolah, dan dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Batu Bara, melalui Dinas Pendidikan akan menata kembali keberadaan guru-guru kita, jumlah guru kita ada 3.241 orang yang terdiri dari 1.952 orang ASN dan sisanya Non ASN sebanyak 1.289 orang. Kata Ilyas.

Terkait pelaksanaan seminar ini, Ilyas juga mengucapkan terimakasih banyak atas kerjasama dan bantuan Kawan-kawan sekolah yang di ketua panitia pelaksana seminar Surya Dharma, dan D Tumanggor serta anggota lainnya yang saling bahu membahu untuk suksesnya acara ini, dan alhamdulillah semua rangkaian acara berjalan lancar ditambah lagi bantuan dari PT Bank Sumut untuk memeriahkan Hari Guru ini dengan memberikan Kulkas, TV, Kompor Gas, Bantal Kepala, Jam Dinding dan lainnya jadi menambah semangat dan antusias peserta seminar dalam mengikuti dan menyimak apa yang disampaikan para Narasumber, karena bahan dari narasumber itu juga yang akan di jadikan bahan diskusi kepada peserta seminar.

Selain Bupati batu Bara Ir H Zahir MAP, turut hadir Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang, Anggota DPRD Amat Mukhtas, Kadis Pendidkan Asahan Sofyan Marpaung MPd, Ketua TBUPP Drs Syaiful Syafri MM, Azrin Marydha, Ketua Dewan Pendidikan, Zainal Alwi, Serta Narasumber Seminar Dr Darwin MPd, Prof Dr Ibnu Hajar Damanik MPd, Plt Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus, Ketua Panitia Seminar Drs Surya Dharma MPd serta para undangan lainnya. (Sil)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,705,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,70,Headline,419,Hukum,825,Humbahas,342,Jakarta,227,Jambi,217,Jawa Barat,983,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,247,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,316,Meranti,12,Mukomuko,104,Musirawas,19,Nasional,2509,Nusantara,5748,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,34,Sumatera Utara,1841,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,211,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Bupati Batubara Buka Seminar Nasional "Strategi Peningkatan Kinerja Guru di Revolusi 4.0"
Bupati Batubara Buka Seminar Nasional "Strategi Peningkatan Kinerja Guru di Revolusi 4.0"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbpqt3vcu9TNiiym8y5Wh1h_XCBUZRLUhXgdIYzZ6Ss0ORGwDaI0hnZfl6a5T_ZFatbEZzaswOh5dlQGmkYYbFWVegsh8YtDnZFw5uJnV2xZCZ0bl8BdouByxTVSPocwfBAVExlxi1tjA/s640/SEMINARR.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbpqt3vcu9TNiiym8y5Wh1h_XCBUZRLUhXgdIYzZ6Ss0ORGwDaI0hnZfl6a5T_ZFatbEZzaswOh5dlQGmkYYbFWVegsh8YtDnZFw5uJnV2xZCZ0bl8BdouByxTVSPocwfBAVExlxi1tjA/s72-c/SEMINARR.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2019/11/bupati-batubara-buka-seminar-nasional.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2019/11/bupati-batubara-buka-seminar-nasional.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy