src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Bupati Zahir Kunjungi Desa UP2K Binaan PKK & Berikan Motivasi

BATUBARA, Garuda News Nusantara - Bupati Batubara Ir H Zahir M.AP didampingi Kadis PMD Radiansyah, Plt Kadisdik Ilyas Sitorus, dan Camat Limapuluh Andre Kunjungi Desa Sumber Padi sebagai Desa percontohan UP2K Kabupaten Batubara usai mengikuti upacara Hari Pahlawan di Lapangan Bola Kaki Lima Puluh Minggu, (10/11/2019)

Kunjungan Bupati Ir H Zahir MAP untuk melihat inovasi TP PKK Desa Sumber Padi dan Kelompok Masyarakat atas pembuatan Paping blok dari Bank Sampah Plastik yang selama ini menjadi momok karena sulit di hancurkan. Paping Blok dari Bank Sampah plastik, dan pembuatan kursi dari limbah ban juga ikut ditinjau.

Produksi usaha rumahan ini dikelola oleh Kelompok Maju Bersama sebagai usaha masyarakat melalui Gerai Bank Sampah Desa Sumber Padi yang diketuai Darwis Tanjung.

Usai mengunjungi Gerai Bank Sampah Sumber Padi Zahir dan rombongan melanjutkan kunjungannya ke kelompok usaha jajanan/makanan ringan berupa roti, kue dan sejenisnya yang masih dalam desa yang sama dan tidak jauh dari lokasi Gerai Bank Sampah.

Zahir memberikan motivasi kepada kelompok-kelompok masyarakat dan berjanji akan mendukungan pengembangan kelompok usaha masyarakat itu.

Zahir juga mendorong hasil dari kelompok pengrajin berupa jajanan atau makanan ringan maupun karya tangan yang menghasilkan paping blok dan lainnya.

Nantinya akan dikerjasamakan dengan usaha usaha lainnya yang ada di Batu Bara seperti Indomaret, Alfamidi, SPBU-SPBU manapun, tempat tempat strategis lainnya yang memiliki penitipan penjualan makanan ringan atau jajanan melalui bantuan dinas terkait, ujar zahir.

Darwis selaku pengelola Gerai Bank Sampah maupun Yusniar selaku pengelola kelompok tani mekarsari merasa bangga atas kunjungan dan perhatian Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP.

Awak media yang turut dalam rombongan kunjungan bersama Zahir merasa penasaran tentang usaha bersama kelompok Mekar Lestari yang di Ketua Yusniar selaku Pengrajin UMKM pembuat rengginang ini.

Pasalnya begitu banyak jenis jajanan dan kemasannya yang begitu menarik jika dijadikan oleh-oleh bagi tamu yang berkunjung ke Batu Bara.

Yusniar ketika diwawancarai awak media mengatakan, bahwa yang dikelolanya bersama kelompoknya beralamat di desa sumber padi dengan nama Rengginang, dan mempekerjakan 9 orang tenaga kerja.

Ada beberapa varian rengginang yang di produksi diantaranya ada rasa buah naga, pandan, bon cabe, rasa udang, rasa bumbu peyek, rasa orisinal dan lainnya.

Masih menurut Yusniar disamping jenis jajanan tadi juga ada singkong, manggleng ( ubi di kukus dan di beri rasa ), kelantik dan opak dengan produksi sehari bisa mencapai 100 kg dan usaha ini dilakoninya bersama kelompoknya sejak tahun 2017.

Usai melakukan kunjungan Yusniar selaku ketua Kelompok Mekar Lestari mungkin karena senangnya spontan memberikan cendramata makanan ringan seperti kerupuk dan lain-lain, namun Zahir tetap meminta ajudannya untuk menitipkan uang sebagai pengganti oleh-oleh yang diberikan Yusniar kepadanya.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Zahir didampingi Kadis PMD Ardiansyah, Plt Kadisdik Ilyas Sitorus, Camat Kecamatan Lima Puluh Andre, Kepala Desa Sumber Padi Effendi Saragih, Ketua TBUPP Kabupaten Batu Bara Syaiful Syafri dan Kabag Humas Zamzami serta unsur OPD dan Muspika lainnya. (Sil)

COMMENTS

Nama

Advertorial,38,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,647,Bengkulu,178,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,319,Hukum,629,Humbahas,57,Jakarta,133,Jambi,36,Jawa Barat,592,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,9,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,175,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2026,Megapolitan,149,Meranti,10,Mukomuko,20,Musirawas,19,Nasional,2008,Nusantara,3864,Padang,2,Pagaralam,22,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,388,Rokan Hilir,78,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1113,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,57,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Bupati Zahir Kunjungi Desa UP2K Binaan PKK & Berikan Motivasi
Bupati Zahir Kunjungi Desa UP2K Binaan PKK & Berikan Motivasi
https://1.bp.blogspot.com/-xSTznc8Xt5o/Xci5ipTxPQI/AAAAAAAAF80/b4CCQqa386Ikm6MthG5HwcYco7TfMLgwACLcBGAsYHQ/s640/ZAHIR.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xSTznc8Xt5o/Xci5ipTxPQI/AAAAAAAAF80/b4CCQqa386Ikm6MthG5HwcYco7TfMLgwACLcBGAsYHQ/s72-c/ZAHIR.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2019/11/bupati-zahir-kunjungi-desa-up2k-binaan.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2019/11/bupati-zahir-kunjungi-desa-up2k-binaan.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy