src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Ilyas Sitorus: Tahun 2020 Pemkab Batu Bara Akan Gandeng Tanoto Foundation


LIMA PULUH, Garuda News Nusantara - Pemerintah Daerah Kabupaten Batu Bara sebagaimana harapan Bupati, Ir H Zahir MAP, bahwa peningkatan kemampuan tenaga pendidik harus terus ditingkatkan dengan berbagai program kegiatan. Untuk itulah Plt Kadisdik Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus mengundang Tim Tanoto Foundation untuk memaparkan Program PINTAR (Pengembangan Inovasi Untuk Kualitas Pembelajaran) dalam Desiminasi atau Program pengembangan untuk Kecamatan yang selama ini belum tersentuh oleh Program PINTAR Tanoto Foundation.

Hal tersebut di sampaikan Ilyas Sitorus usai memimpin rapat bersama Tim Tanoto Foundation bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Perupuk, Jumat, (15/11/2019).

Program PINTAR (Pengembangan Inovasi Untuk Kualitas Pembelajaran) dari Tanoto Foundation merupakan program yang fokus pada peningkatan mutu guru, kepala sekolah dan pengawas di jenjang pendidikan dasar (SD/MI dan SMP/MTs) melalui perbaikan manajemen sekolah, pembelajaran aktif dan pengembangan budaya baca.

Program ini cukup serius dan berdurasi waktu cukup panjang, yang akan menyiapkan sumberdaya sekolah secara matang yang menjadi dasar pendidikan anak-anak kita sebelum naik ke jenjang berikutnya. Program ini berstandar nasional dan sudah diakui bagus oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, ujar Plt. Kadisdik Batu Bara.

Banyak hal yang ingin diketahui para awak media usai pertemuan tersebut, salah satunya adalah kenapa Dinas Pendidikan mengundang Tanoto Foundation untuk ekspose mengenai Program PINTAR nya ?, Mengapa bukan yang lain. Bukankah banyak juga lembaga-lembaga yang membidangi dan menagani peningkatan mutu sekolah ?.

Terkait hal tersebut Ilyas mengatakan, kita sudah melihat dalam kurun waktu satu tahun Tanoto Foundation bersama kita di Batu Bara, dan telah banyak berbuat untuk pengembangan dan peningkatan mutu pembelajaran di Bara Bara. Itu semua mereka lakukan tanpa dukungan dana dari Dinas Pendidikan, oleh karenanya kita akan meminta agar Tanoto Foundation akan mengembangkan program PINTAR ke seluruh Kecamatan yang belum terjangkau selama ini, kita berharap ada fasilitator di setiap kecamatan serta penyebarluasan ke semua sekolah dan semua guru dapat dilakukan secara berkelanjutan. Kata Ilyas.

Masih kata Ilyas, Tanoto Foundation telah banyak berbuat dan telah melatih lebih dari 435 guru, kepala sekolah, dan pengawas, Fasilitator daerah berjumlah 13 orang, untuk jenjang SD, SMP 7 orang dengan sebaran Sekolah Dasar berjumlah 32 Sekolah di Kecamatan Talawi, di Kecamatan Lima Puluh sebanyak 12, Kecamatan Sei Suka 8 sekolah, Kecamatan Air Puluh 10 sekolah, dan desiminasi untuk SD dan SMP sebanyak 16 sekolah.

Semua itu untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya dalam pembelajaran melalui Program PINTAR (Pengembangan Inovasi Untuk Kualitas Pembelajaran) dengan dana murni dari Tanoto Foundation. Disamping itu juga Tanoto Foundation berupaya memperbaiki lingkungan sekolah belajar melalui pengembangan kapasitas pengawas, kepala sekolah dan guru serta pendidikan orang tua dan partisipasi masyarakat. Tanoto Foundation juga mendapat penilaian baik dan bagus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. tambah Ilyas.

Selama satu tahun mereka melakukan banyak hal, dan saya bertanya kepada sekolah-sekolah, guru-guru dan kepala sekolah termasuk pengawas tentang bagaimana manfaat dari Program PINTAR Tanoto Foundation. Umumnya mereka mengatakan baik dan mereka berharap program sejenis dapat diteruskan dan diseberluarkan ke semua kecamatan yang ada di Batu Bara, tandas Ilyas.

Tim Tanoto Foundation yang hadir dalam pertemuan tersebut Rimbananto Goverment Liason Planning Spesialist, dan Boby Widanto District Coordinator secara bergantian memaparkan program-program yang telah dikembangkan baik di tiga kecamatan di Batu Bara, maupun di luar Provinsi Sumatera Utara sambil memutar Vidio Program PINTAR yang mereka lakukan dan akan lakukan kelak jika keinginan Bupati Batu Bara terwujud sebagai mitra pemerintah untuk semua Kecamatan bisa terjangkau program ini, ujar Rimba.

Rimbananto juga mengatakan, paling tidak dengan Program PINTAR ini akan didapat manfaat sedikitnya akan terjadi sebuah Inovasi pengembangan profesional guru, Inovasi pendampingan (Suvervisi), Inovasi peningkatan budaya baca, meningkatnya peran serta masyarakat serta Sekolah akan mejadi model pembelajaran.

Melalui program PINTAR Tanoto Foundation menjadi mitra pemerintah dalam mendukung program peningkatan kualitas pendidikan dasar di Indonesia Khususnya di Batu Bara, fokus pelatihan guru dalam program PINTAR adalah pembelajaran aktif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang Literasi, Numerasi dan Sains, termasuk Budaya Baca juga melalui Program PINTAR Tanoto Foundation menjalankan berbagai kampanye dalam meningkatkan minat dan kemampuan baca di sekolah. Tidak hanya sampai disitu, Program PINTAR juga akan melatih Kepala Sekolah Mitra untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah, kata Rimba.

Output dari Program PINTAR ini adalah masuk dan berkembang, serta tersedia sekolah mitra PINTAR dan Fasilitator di semua kecamatan. Semua sekolah dan guru dapat mengakses program PINTAR dengan mudah dan mandiri dengan skenario pembelajaran memilih kecamatan dan gugus yang akan dimasuki program tersebut.

Memilih Guru/Kepala Sekolah terbaik dari gugus yang akan menjadi calon Fasilitator, dan melakukan TOT untuk calon Fasilitator dengan dana sharing, yaitu dari dana BOS, dibantu dana dari Tanoto Foundation, menugaskan fasilitator turun ke gugus dan menyebarluaskan pelatihan dalam setiap pertemuan. Sedangkan sasaranya adalah Gugus dipilih dari 9 kecamatan diluar kecamatan yang sebelumnya sudah mendapatkan program sejenis dari Tanoto Foundation, pungkas Rimba. (Sil)

COMMENTS

Nama

Advertorial,38,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,647,Bengkulu,178,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,319,Hukum,627,Humbahas,57,Jakarta,132,Jambi,36,Jawa Barat,590,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,9,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,175,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2026,Megapolitan,148,Meranti,10,Mukomuko,20,Musirawas,19,Nasional,2006,Nusantara,3858,Padang,2,Pagaralam,22,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,388,Rokan Hilir,78,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1111,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,57,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Ilyas Sitorus: Tahun 2020 Pemkab Batu Bara Akan Gandeng Tanoto Foundation
Ilyas Sitorus: Tahun 2020 Pemkab Batu Bara Akan Gandeng Tanoto Foundation
https://1.bp.blogspot.com/-NapQ6rTgl5g/Xc9-3RSE0BI/AAAAAAAAGCo/gSR9jriTL3IJRKwm0xHQfMvZ1bKoojD5wCLcBGAsYHQ/s640/Program%2BPintar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NapQ6rTgl5g/Xc9-3RSE0BI/AAAAAAAAGCo/gSR9jriTL3IJRKwm0xHQfMvZ1bKoojD5wCLcBGAsYHQ/s72-c/Program%2BPintar.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2019/11/ilyas-sitorus-tahun-2020-pemkab-batu.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2019/11/ilyas-sitorus-tahun-2020-pemkab-batu.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy