src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Pemerintah Kabupaten Bekasi Antisipasi Bencana di Musim Penghujan

CIKARANG PUSAT, Garuda News Nusantara - Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi telah melakukan tindakan-tindakan pencegahan bencana untuk mengantisipasi datangnya banjir di wilayah Kabupaten Bekasi di musim penghujan. Hal ini disampaikan Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dalam Apel Siaga Bencana yang diinisiasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Selasa (26/11).

Bupati mengatakan bahwa kita harus siap siaga menghadapi musim hujan yang akan datang. “Karena memang kita lihat ke depan akan datang musim hujan, yang harus kita antisipasi dari hari ini. Kita sudah berkomunikasi kepada semuanya,kita harus siap siaga. Dalam artian, kapan saja bencana itu datang, kita sudah siap. BPBD sebagai leading sector, sudah memetakan semua, bahkan mengantisipasi (daerah) mana saja yang rawan bencana,” katanya.

Bupati mengungkapkan, sungai-sungai di wilayah Kabupaten Bekasi mengalami pendangkalan. Ia juga telah melakukan tindakan-tindakan preventif untuk mengantisipasi kala musim hujan datang di kemudian hari.

“Kemarin ada beberapa sungai yang sudah kita cek, salah satunya Kali Jambe, besok kita juga dengan Pak Dandim akan ke Sungai Blencong, tentunya dengan melibatkan masyarakat juga. Kita sudah mulai melakukan gerakan-gerakan yang nantinya akan mengantisipasi datangnya musim hujan ke depan,” katanya.

Terkait kendala pada normalisasi sungai-sungai yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi, Bupati mengatakan sampah bukan hanya datang dari dalam wilayah Kabupaten Bekasi, tetapi juga dari daerah lain. “Normalisasi terhadap sungai-sungai itu sudah kita lakukan. Kendalanya memang sampah ini bukan hanya datang dari Kabupaten Bekasi saja, tapi juga dari daerah luar juga,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, pemerintah akan membuat jaring-jaring untuk menghalangi sampah masuk di perbatasan. “Tentu saja ada langkah-langkah yang akan kita ambil dalam waktu dekat, seperti membuat jaring-jaring di daerah perbatasan,” ucapnya.

Sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, peran perusahaan swasta dan sektor industri yang ada di Kabupaten Bekasi  juga turut berperan dalam pencegahan bencana. Bupati mengatakan bahwa diperlukan kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan pihak swasta.

“Semua ini harus ada koordinasi. Mereka juga punya peralatan (pencegahan bencana), tinggal bagaimana mengkoordinasikan. Mereka juga sudah mau bekerjasama dengan kita, tinggal kita sinergikan antara pemerintah daerah dan swasta.” tutupnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya. Ia mengatakan bahwa BPBD telah melakukan tindakan-tindakan preventif untuk pencegahan bencana di musim penghujan yang akan datang. Tindakan tersebut yakni sosialisasi masyarakat dan pembentukan desa-desa tangguh bencana.

“Kami telah sosialisasi ke sekolah-sekolah, dan sudah ada 4 desa tangguh bencana. Kami juga telah berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk mengatasi dan meminimalisir bencana akibat meluapnya air sungai,” kata Adeng.

Ia menambahkan, Kabupaten Bekasi dikelilingi 16 sungai, baik sungai besar maupun kecil, sehingga rawan tergenang air. Oleh sebab itu, penyebab-penyebab banjir harus segera di antisipasi.

“Ada dua penyebab banjir, khususnya di Kabupaten Bekasi, yakni meluapnya air sungai, dan kurang berfungsinya drainase dengan baik. Ini biasanya terjadinya di perumahan-perumahan. Oleh karenanya, diharapkan dengan sosialisasi-sosialisasi tersebut dapat mengurangi adanya bencana banjir di Kabupaten Bekasi.”ujarnya.

Untuk mendukung program pencegahan bencana, tahun depan BPBD akan mendatangkan mobil pendidikan bencana, guna memberikan sosialisasi bencana ke masyarakat bisa secara mobile dan dapat dilakukan di luar ruangan. (Lozy/Red)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,705,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,70,Headline,419,Hukum,825,Humbahas,342,Jakarta,227,Jambi,217,Jawa Barat,983,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,247,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,316,Meranti,12,Mukomuko,104,Musirawas,19,Nasional,2509,Nusantara,5748,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,34,Sumatera Utara,1841,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,211,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Pemerintah Kabupaten Bekasi Antisipasi Bencana di Musim Penghujan
Pemerintah Kabupaten Bekasi Antisipasi Bencana di Musim Penghujan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrEOM7d6Huo3aYfsG5mYkyFWEATrNoReqR-IQLNkvXvXXqfiVlpJmGnkgQRnRmcoiSLcSA-BCmFvtGdCRraIdd2r3FTj90sBq7Tgrb55a4rLYhhAoZxq9RPPlVYenb_kun77JezVSn0l4/s640/593.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrEOM7d6Huo3aYfsG5mYkyFWEATrNoReqR-IQLNkvXvXXqfiVlpJmGnkgQRnRmcoiSLcSA-BCmFvtGdCRraIdd2r3FTj90sBq7Tgrb55a4rLYhhAoZxq9RPPlVYenb_kun77JezVSn0l4/s72-c/593.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2019/11/pemerintah-kabupaten-bekasi-antisipasi.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2019/11/pemerintah-kabupaten-bekasi-antisipasi.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy