src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Tahap Verifikasi Akhir P2WKSS Desa Sukadaya, Pemkab Bekasi Optimis Raih Hasil Optimal

SUKAWANGI, Garuda News Nusantara - Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tahun 2019 yang dilaksanakan di Desa Sukadaya Kecamatan Sukawangi kini telah memasuki tahap verifikasi akhir oleh Tim Evaluasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat, Kamis (21/11).

Program yang telah dilaksanakan sejak Maret 2019 ini tampak memperlihatkan perubahan yang signifikan dimana peran masyarakat desa khususnya perempuan sudah memiliki perubahan dalam menata lingkungan, serta pola pikir yang baik sehingga masyarakat memiliki kesadaran untuk dapat memelihara dan memiliki lingkungan yang sehat dan indah.

Berbagai proses tahapan yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat Desa Sukadaya hingga saat ini berfokus pada pembekalan berupa pelatihan khusus bagi para perempuan seperti pelatihan memasak, pelatihan menjahit, maupun pelatihan membatik, sehingga perempuan di Desa Sukadaya dapat memiliki peluang untuk menjalankan usaha sesuai dengan keterampilan yang dimiliki.

Dalam kegiatan Verifikasi akhir ini, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja yang hadir langsung didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Hj Kholilah Supria Atmaja, serta Jajaran Perangkat Daerah dan Unsur Forkompinda turut menyapa warga Desa Sukadaya yang sudah menunggu sejak pagi kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Bekasi itu.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja berdialog singkat dengan masyarakat sekitar untuk mengetahui sejauhmana program P2WKSS dirasakan manfaatnya oleh warga. “Saya yakin program ini memikiki dampak positif, karena tadi saya juga sudah bicara dengan warga dan juga para kepala desa, dimana banyak desa-desa yang termotivasi untuk menjadi desa yang lebih baik lagi.” Jelas Eka.

Ditambahkannya, ia berharap dengan adanya program ini akan dapat semakin mengembangkan keluarga yang sehat dan terciptanya partisipasi masyarakat khususnya perempuan dalam pembangunan di Kabupaten Bekasi.

Sementara itu Asisten Administrasi Umum Suhup yang mewakili Bupati Bekasi mendampingi Tim Verifikasi dari Provinsi Jawa Barat dalam sambutannya menyampaikan, lokasi P2WKSS tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana kondisi masyarakat dan lingkungan yang ada disini dinilai cukup memprihatinkan.

“Walaupun cukup memprihatinkan, kita bisa lihat banyak potensi yang bisa digali di Desa Sukadaya ini. Nah ini juga membuktikan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama perempuan dan anak bukan jadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi menjadi tanggung jawab kita bersama.” Jelas Suhup.

Sementara itu perwakilan Tim Verifikasi Provinsi Jawa Barat Nunung Nurhayati mengatakan, kegiatan P2WKSS ini sangat erat kaitannya dengan strategi pengarusutamaan (PUG) gander, terutama upaya akselerasi capaian Indeks Pembangunan Gander (IPG) di Jawa Barat. “Pelaksanaan program ini tentunya harus mampu memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat untuk semakin maju sejalan dengan visi dan misi yang dimiliki” jelas Nunung.

Diakhir sambutan, Nunung berharap kedepannya masyarakat desa yang ada di Kabupaten Bekasi khususnya perempuan dapat terus meningkatkan kehidupan keluarga yang sehat, cerdas, dan berinovatif.

Tidak hanya melibatkan peran perempuan saja, program P2WKSS yang sudah dilaksanakan di Desa Sukadaya juga meliputi, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalan desa, pembangunan saluran air desa, perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 30 unit pembangunan mck 2 unit, taman terbuka bermain anak sebanyak 1 lokasi, pembuatan mck keluarga, pembuatan akta kelahiran dan surat nikah gratis, serta lampu penerangan jalan umum maupun jalan lingkungan.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah menetapkan Desa Sukadaya Kecamatan Sukawangi sebagai lokasi pelaksanaan Program P2WKSS Tahun 2019. Hal itu berdasarkan pendataan di tahun 2018 dimana klasifikasi keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera di Desa Sukadaya termasuk yang paling tertinggi. (Lozy)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,705,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,70,Headline,419,Hukum,825,Humbahas,342,Jakarta,225,Jambi,217,Jawa Barat,983,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,247,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,314,Meranti,12,Mukomuko,104,Musirawas,19,Nasional,2509,Nusantara,5748,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,34,Sumatera Utara,1841,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,211,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Tahap Verifikasi Akhir P2WKSS Desa Sukadaya, Pemkab Bekasi Optimis Raih Hasil Optimal
Tahap Verifikasi Akhir P2WKSS Desa Sukadaya, Pemkab Bekasi Optimis Raih Hasil Optimal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDML-al2JqcZbglO2iU-PDyBCD3gLHXM4NhAgGpAXr32oZ64ZEpvBKOtGzcAVTtV3N6Ck0MOF1u2kzO2KGuxja5g63e-tQnLl_RkF0Yt3B34RNqsa4UXxa4dkzlfkwdrRh2G00ZnsfgtE/s640/21.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDML-al2JqcZbglO2iU-PDyBCD3gLHXM4NhAgGpAXr32oZ64ZEpvBKOtGzcAVTtV3N6Ck0MOF1u2kzO2KGuxja5g63e-tQnLl_RkF0Yt3B34RNqsa4UXxa4dkzlfkwdrRh2G00ZnsfgtE/s72-c/21.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2019/11/tahap-verifikasi-akhir-p2wkss-desa.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2019/11/tahap-verifikasi-akhir-p2wkss-desa.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy