src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Hari Antikorupsi Sedunia, DPW AJH Sumut Gelar Diskusi Publik Dengan Komjak RI

MEDAN, Garuda News Nusantara - Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) dan Aliansi Jurnalis Hukum (AJH) Sumut bekerjasama dengan Fakulitas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU), menggelar Diskusi Publik Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional di Aula Ruang Sidang FISIP USU, Selasa (10/12/2019).

Adapun kegiatan ini mengangkat tema ‘Hari anti korupsi Momentum Pemberantasan Korupsi Indonesia’ dengan menghadirkan Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak) Rebublik Indonesia (RI), Dr Barita Simanjuntak, SH, MH, DFr, A, dan juga Ketua Peradi Medan, Charles Janner Natigor Silalahi, SH, MH sebagai narasumber dalam diskusi yang dilakukan.

Ketua Komjak RI, Barita Simanjuntak mengatakan, untuk memperkuat penegakan hukum yang berkeadilan, maka interigitas peradilan pidana sekarang ini juga di integrasikan atau diperkaya dengan pendekatan- pendekatan lain, agar dapat terciptanya keadilan.

“Itulah sebabnya apa yang kita bicarakan sekarang kalau kita berada didalam, semangat memberantas korupsi. Maka pemberantasan dan pencegahan korupsi juga mengalami perubahan. Dimana paradigma yang baru dan cara pandang baru, profestik baru untuk dimaknai norma-norma hukum,” kata Barita.

Hal ini, jelas Barita, tujuannya adalah bagaimana masyarakat ataupun negara dapat mencapai tujuanya dengan baik dan memperhatikan hukum pidana. Dimana hal tersebut merupakan cara Mahkamah Konsentusi tentang delik tindak pidana krorupsi menjadi delik materi bukan korwil.

“Di satu sisi hal itu akan menimbulkan kerja ekstra bagi penegak hukum. Tapi pada sisi lain, itu akan menunjukkan dan meningkatkan kompotensi penegak hukum yang berkualitas,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Peradi Medan, Charles Silalahi mengucapkan terimakasih atas kegiatan diskusi publik dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi. Dikatakannya bahwa permasalahan korupsi bukanlah suatu permasalahan yang besar.

“Korupsi ini sebenarnya bukan masalah yang besar selama kita bisa sama-sama berperan aktif dalam hal melakukan pengawasan disitu. Tapi karena kita melakukan pemdiaman, makanya masalah korupsi ini pun jadi besar,” sebutnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Felix Sidabutar mengucapkan apresiasinya kepada Ketua Komjak RI yang bersedia hadir untuk bisa berdiskusi bersama dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional (Hakordia).

“Terimakasih kepada Bang Barita yang sudah bersedia hadir dan berdiskusi soal anti korupsi bersama kami disini,” ucap Felix yang juga menjabat sebagai Sekretaris AJH Sumut.

Lebih jauh Felix pun mengatakan, alasan mengapa pihaknya bisa menghadirkan Ketua Komjak RI ialah karena Beliau adalah orang Medan dan baru diangkat menjadi Ketua Komjak RI.

“Dan hari ini kita hadirkan beliau ke Medan bersama dengan Ketua Peradi Medan, Charles Silalahi supaya kita bisa berdiskusi dan berkomitmen agar sama-sama kita bisa memberantas korupsi sehingga masyarakat bisa hidup berdampingan dengan tenteram dan nyaman,” sebut Felix.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketum DPP AJH, Dofuzogamo Gaho, Ketua DPW AJH Sumut, Ketua Dewan Pengawas Anjas Milan, ST, Irwan Ginting, SH, Ketua DPD AJH Siantar, Dumariah Sihombing, DPD AJH Simalungun Rinando Situmorang, DPD AJH Kab Sergai, Arman didampingi Sekretaris, Azwen Fadly SH, dan DPD KNPI Sumut, Samsir Pohan, Asintel Pengawasan dan bagian Pengawasan Kejatisu dan jajaran. (Sil)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,705,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,70,Headline,419,Hukum,825,Humbahas,342,Jakarta,227,Jambi,217,Jawa Barat,983,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,247,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,316,Meranti,12,Mukomuko,104,Musirawas,19,Nasional,2509,Nusantara,5748,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,34,Sumatera Utara,1841,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,211,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Hari Antikorupsi Sedunia, DPW AJH Sumut Gelar Diskusi Publik Dengan Komjak RI
Hari Antikorupsi Sedunia, DPW AJH Sumut Gelar Diskusi Publik Dengan Komjak RI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFpGdkRoiaAxwq6Iez3R84vEBAnnUaHhO0rPVlMNFPmZ6hdcOQ1G9V2fPS8hJXUbcZwUo2mY2W4FkKGkjjLRzB5f51FL9t6fp0d0SvP1NKNqf8oJt7Oj4o984KNgDhWZhQQZDMBHqqBbY/s400/HARIANTIKP.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFpGdkRoiaAxwq6Iez3R84vEBAnnUaHhO0rPVlMNFPmZ6hdcOQ1G9V2fPS8hJXUbcZwUo2mY2W4FkKGkjjLRzB5f51FL9t6fp0d0SvP1NKNqf8oJt7Oj4o984KNgDhWZhQQZDMBHqqBbY/s72-c/HARIANTIKP.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2019/12/hari-antikorupsi-sedunia-dpw-ajh-sumut.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2019/12/hari-antikorupsi-sedunia-dpw-ajh-sumut.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy