src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Golkar Curigai Panlih Wabup Bekasi Tak Netral Jagokan Satu Kandidat

CIKARANG PUSAT, Garuda Nusantara - Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Bekasi, mencurigai adanya kongkalikong Panitia Pemilihan (Panlih) dalam proses Pemilihan Wakil Bupati Bekasi. Partai berlambang pohon beringin itu menyebut jika Panlih juga telah menabrak peraturan perundang-undangan.

Ketua Fraksi Partai Golkar Kabupaten Bekasi, Asep Surya Atmaja menerangkan bahwa dalam Paripurna yang diselenggarakan tersebut seperti dagelan. Untuk itu, ia bersama seluruh anggota DPRD dari Partai Golkar memutuskan untuk tidak hadir dikarenakan pelaksanaan Rapat Paripurna sejak awal telah Inkonstitusional.

“Karena Pemprov Jabar sudah menyurati agar pelaksanaan pemilihan Wabup Bekasi ditunda, sampai persyaratan dilengkapi dan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri turut mengingatkan untuk menjalankan pemilihan sesuai aturan perundang-undangan,” kata Asep, Rabu (18/3/2020).

Ia meyakini jika ada setingan yang telah dilakukan Panlih. Terlebih, jika melihat saat ini pemilihan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bekasi domainnya adalah dari Partai Pengusung. Apalagi, dia kandidat calon yaitu, Ahmad Marzuki dan Tuti Nurcholifah Yasin adalah kader Partai Golkar.

“Tetapi kami tidak diberi ruang untuk berbicara, saya heran, kenapa Panlih malah bekerja lebih cepat dari kami, kok jadi mereka yang lebih repot dari kami,” beber dia.

Kemudian, pada proses tahapan yang dilakukan Panlih. ia juga melihat ada perubahan jadwal mendadak yang dilakukan Panlih. Menurut jadwal Panlih seharusnya penetapan Calon Wakil Bupati tertanggal 17 Maret 2020 dan Paripurna Pemilihan 19 Maret 2020. Tapi yang terjadi, Panlih langsung mengubah jadwal ketika Partai Golkar menyerahkan surat rekomendasi Wakil Bupati Bekasi ke Bupati Bekasi.

“Harusnya penetapan Calon Wakil Bupati Bekasi tanggal 17 Maret, tapi mendadak diubah jadi tanggal 9 Maret ketika Bupati terima surat rekomendasi wakil bupati dari Golkar. Jadi terburu-buru ditetapkan calon Wakil Bupati Bekasi beberapa menit kemudian, tapi lupa untuk verifikasi dokumen,” tambahnya.

Oleh sebab itu, secara tegas ia menyebut partainya dipermainkan Panlih Wakil Bupati Bekasi. Makanya, Partai Golkar menarik diri dari kepanitiaan Panlih dan tidak menghadiri paripurna yang digelar ini.

Belum lagi, ada surat terbaru dari Pemprov Jawa Barat yang meminta untuk menunda pelaksanaan Paripurna Pemilihan Wakil Bupati Bekasi sebab partai koalisi yakni Partai Golkar, PAN, Partai NasDem dan Partai Hanura belum bersepakat merekomendasikan dua nama.

“Rekomendasi Wakil Bupati-pun belum sama semua, ada perbedaan nama. Di Undang-Undang Nomor. 10 Tahun 2016 pasal 176 harus sama persis. Dan harus Bupati Bekasi yang serahkan ke DPRD. Ini malah offside semua, makanya dari pada kami dianggap tidak tunduk pada peraturan lebih baik kami tidak hadir dalam Paripurna dagelan itu,” tandasnya.

Juru Bicara Cawabup Tuti Nurcholifah Yasin, Ahmad Budiarta mengungkapkan ketidakhadiran Calon Wakil Bupati Bekasi, Tuti Nurcholifah Yasin lantaran rapat paripurna pemilihan Calon Wakil Bupati Bekasi dianggap Inkonstitusional.

Sebab sejauh ini, Tuti merasa belum menyerahkan sejumlah dokumen persyaratan seperti yang diamanatkan Peraturan DPRD Kabupaten Bekasi Nomor 2 Tahun 2019, Pasal 42 mengenai dokumen persyaratan calon Wakil Bupati Bekasi.

“Kemudian, di pasal 43 jelas ada tahapan, dokumen saja belum diserahkan dan di verifikasi kok ujug-ujug telah ditetapkan. Padahal dalam dokumen persyaratan itu ada surat pernyataan, tes kesehatan, tes BNN, SKCK, dan lainnya. Itu difasilitasi Sekretaris DPRD, sama ketika DPRD pertama dilantik jadi dewan. Tapi faktanya hal itu tidak dilakukan. Kok bisa, belum serahkan dokumen malah ditetapkan. Calon RT saja harus lengkap dulu persyaratan kedua calon ini,” bebernya.

Selain itu, dalam hal dokumen persyaratan Tuti Nurcholifah Yasin sebagai calon Wakil Bupati Bekasi merasa belum pernah diminta Panitia Pemilihan (Panlih) untuk menyerahkan dokumen persyaratan. Sehingga, itu yang melatarbelakangi dirinya belum menyerahkan dokumen persyaratan.

Disisi lain, Tuti Nurcholifah Yasin sebagai kader partai, harus tunduk pada perintah partai. Partai Golkar, saat ini telah mengeluarkan surat rekomendasi baru yang ditandatangani Ketua Umum DPP Partai, Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal, Lodewijk Freidrich Paulus.

“Ada keluaran surat rekomendasi Wakil Bupati Bekasi yang baru, itu Ketum dan Sekjen yang tandatangani. Kita harus tunduk dan patuh atas perintah partai itu, makanya saya menahan diri untuk tidak hadir dalam acara itu,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, dari 50 Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, yang hadir pada paripurna tersebut berjumlah 40 orang, tersisa 10 orang yang tidak hadir. Dalam Paripurna yang digelar ini, Marzuki secara telah memenangkan pemilihan dengan jumlah 40 suara, sementara Tuti Nurcholifah Yasin tak satupun yang memilih. (Red)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,702,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,70,Headline,416,Hukum,824,Humbahas,341,Jakarta,220,Jambi,211,Jawa Barat,978,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,246,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,309,Meranti,12,Mukomuko,104,Musirawas,19,Nasional,2504,Nusantara,5735,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,34,Sumatera Utara,1840,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,205,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Golkar Curigai Panlih Wabup Bekasi Tak Netral Jagokan Satu Kandidat
Golkar Curigai Panlih Wabup Bekasi Tak Netral Jagokan Satu Kandidat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFm8y_v6B3JFEgiOHo6uErh2BWXrgSvW1039yPfZ06X7YartLH8yfXnqkgf6SWIUWENxG3yzfuEkCnYN9Kem6gyg8OC21SrZjIYxZzK4lLQWDaqWzsMj606oOZ2vsJWLj13bLeXrEn5bQ/s640/PARIPURNA.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFm8y_v6B3JFEgiOHo6uErh2BWXrgSvW1039yPfZ06X7YartLH8yfXnqkgf6SWIUWENxG3yzfuEkCnYN9Kem6gyg8OC21SrZjIYxZzK4lLQWDaqWzsMj606oOZ2vsJWLj13bLeXrEn5bQ/s72-c/PARIPURNA.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2020/03/golkar-curigai-panlih-wabup-bekasi-tak.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2020/03/golkar-curigai-panlih-wabup-bekasi-tak.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy