src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Was-Was Virus Corona Warnai Pembukaan Rakerwil I APEKSI 2020

PARIAMAN, Garuda Nusantara - Di tengah musibah virus Corona yang   menerpa sejumlah daerah di negeri ini, Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2020 tetap dilaksanakan di Kota Pariaman. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka rakerwil yang diikuti Wali Kota dari 23 kota di 5 propinsi di Pulau Sumatera yakni Nanggroe Aceh Darusalam (NAD), Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau serta Kepulauan Riau, Rabu(18/3/2020).

Meski dibayangi rasa was-was akan virus Corona namun tidak mengurangi semangat para Wali Kota maupun perwakilannya dalam mengikuti rakerwil tersebut,  guna melahirkan ide, gagasan dan terobosan sekaligus membangun solidaritas antar Wali Kota sehingga mampu memberikan kontribusi untuk kemajuan masing-masing kota, termasuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Upaya pencegahan virus Coruna pun dilakukan secara intensif  agar seluruh peserta Rakerwil I APEKSI 2020 merasa tenang dan nyaman. Sehari jelang pembukaan, Selasa  (17/3/2020) malam, Aula Balai Kota Pariaman yang akan digunakan untuk tempat pelaksanaan Rakerwil telah dilakukan strelisasi dengan melakukan penyemprotan. Kemudian pihak panitia mulai meja register pendaftaran hingga meja tempat pelaksanaan rapat   telah disediakan hand sanitizer.

Di samping itu setiap peserta yang akan memasuki aula, panitia pun lebih dulu melakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Lalu, masing-masing peserta juga terlihat enggan melakukan kontak fisik, terutama bersalaman. Bahkan, sejumlah peserta tampak mengenakan masker untuk mencegah terjangkit virus Corona tersebut. 

Dalam sambutannya di acara yang mengusung tema "Otonomi Daerah dan Percepatan Pembangunan Infra Struktur di Daerah", Gubernur Sumbar mengingatkan,  berbicara tentang infrastruktur tidak akan terlepas dengan uang. Sebab, infra struktur tidak dapat terbangun jika tidak didukung keuangan yang kuat.

Dikatakannya, pembangunan infrastruktur tidak dapat dilakukan dengan menggunakan dana APBD, tapi butuh bantuan pemerintah maupun pihak ketiga.

Terkadang dalam upaya untuk mendapatkan dana pembangunan infrastruktur tersebut, jelas Irwan, tak jarang sampai bersentuhan dengan persoalan hukum. "Jangan ragu dan tetap semangat serta patuhi aturan hukum yang berlaku,," kata Irwan.

Selanjutnya Irwan menjelaskan,  Pemko Pariaman sebenarnya sudah sejak lama mempersiapkan pelaaknsanaan Rakerwil I APEKSI 2020, termasuk melibatkan banyak masyarakat untuk mendukung pelaksanaan.

Namun berhubung di Sumbar umumnya dan Kota Pariaman Khususnya tengah dilaksanakan upaya pencegahan virus Corona, ujar Irwan, maka sejumlah kegiatan yang melibatkan  masyarakat cukup banyak pun dibatalkan seperti pawai budaya dan pertunjukan kesenian daerah.

"Jadi pelaksanaan Rakerwil I APEKSi 2020 dilaksanakan dalam bentuk rapat saja," jelasnya.

Lebih jauh Irwan menjelaskan, APEKSI merupakan suatu wadah untuk seluruh Wali kota untuk  sharing informasi maupun pengalaman yang bertujuan  meningkatkan kemajuan masing-masing kota.

Atas dasar itulah Irwan berharap agar para Wali Kota  yang mengikuti rakerwil dapat berbagi ide-ide kreatif demi kemajuan kota.

"Manfaatkan kesempatan ini untuk mengambil hal-hal yang baik dan terapkan di kota masing-masing. Artinya, APEKSI jadikan ajang bersinergi bukan berkompetisi!" tegasnya.

Sementara itu menurut Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Plt Kabag Hakda Setdako Medan Indra Gunawan, rakerwil ini sangat penting sebagai ajang untuk berbagi pengalaman baik itu program kerja maupun pembangunan antara kota satu dengan kota lainnya.

"Bagi kita, mana yang baik dan sesuai, bisa kita adopsi untuk diterapkan di Kota Medan nantinya," jelas Indra.

Dari rapat yang diikutinya,  papar Indra, ada  sejumlah rekomendasi yang dihasilkan, diantaranya terkait pembangunan infrastruktur yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat serta penanganan virus Corona.

Dikatakannya, rekomendasi itu nantinya akan dibawa untuk dibahas lagi dalam Rakernas APEKSI 2020 di Kota Tanggerang Selatan pada 30 Juni-3 Juli mendatang.

Usai rapat, acara selanjutnya diteruskan dengan pembukaan City Expo yang berlokasi di depan Pantai Gandoriah. Di City Expo, stand Pemko Medan memprosikan produk unggulan para pelaku UMKM baik makanan handycraft maupun hasil kerajinan.

Setelah itu dilanjutkan dengan penanam pohon  di Tali Park yang lokasinya berdekatan dengan City Expo. Dalam penanaman itu, Indra menanamkan pohon cemara udang (casuarina  equisetifolia). (Sil)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,705,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,70,Headline,419,Hukum,825,Humbahas,342,Jakarta,225,Jambi,217,Jawa Barat,983,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,247,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,314,Meranti,12,Mukomuko,104,Musirawas,19,Nasional,2509,Nusantara,5748,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,34,Sumatera Utara,1841,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,211,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Was-Was Virus Corona Warnai Pembukaan Rakerwil I APEKSI 2020
Was-Was Virus Corona Warnai Pembukaan Rakerwil I APEKSI 2020
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEju_paZRpuZY20wSfDCNvqaLEULyeXT5KUO03ZJaIX2EE4UGmb8x2wXWIFgXBm8_5VFvSmLazDQxw4KruDg2pLeYumsXAlJIEn5OAtq0eA1mrjl95_4QyLoJG5GNRO2s_DZY4d662GQCsU/s640/WAS+WAS.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEju_paZRpuZY20wSfDCNvqaLEULyeXT5KUO03ZJaIX2EE4UGmb8x2wXWIFgXBm8_5VFvSmLazDQxw4KruDg2pLeYumsXAlJIEn5OAtq0eA1mrjl95_4QyLoJG5GNRO2s_DZY4d662GQCsU/s72-c/WAS+WAS.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2020/03/was-was-virus-corona-warnai-pembukaan.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2020/03/was-was-virus-corona-warnai-pembukaan.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy