src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

PWI dan AWAK Kutuk Intimidasi 2 Jurnalis yang Terjadi di Proyek DPUPR Kota Padang

PADANG, Garuda Nusantara - Seperti yang dilansir www.mitrarakyat.com, diduga tidak terima pekerjaannya dikoreksi, seorang kepala tukang di proyek drainase milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Padang, Bidang SDA yang menggunakan anggaran daerah "meradang", menghina bahkan hampir memukul wartawan.

Kepala tukang di proyek drainase yang berlokasi di jalan Lubuk Bayu,  Kecamatan Nanggalo, Padang kemudian diketahui bernama IS. Saat dikonfirmasi terkait pekerjaan yang dilakukannya oleh wartawan, bukannya menjawab malahan IS memaki-maki wartawan sampai hampir melakukan pemukulan.

Dengan melontarkan kata caci maki kepada wartawan media online Joernalandalas.com dan mitra rakyat.com ini terindikasi IS menghalangi-halangi wartawan dalam mencari berita. Malah kepala tukang tersebut berupaya mengajak seluruh anggotanya untuk memukul  wartawan yang mencari informasi ini.

Kemudian terlontar dari mulut kepala tukang untuk mengadukan wartawan kepada salah satu oknum Polisi Militer (PM) seraya menelponnya. Tidak lama kemudian IS sebagai kepala tukang bergegas meninggalkan dua wartawan tersebut.

Saat kejadian disaksikan beberapa pekerja dan warga yang mengaku sebagai ketua kelompok dari masyarakat yang namanya tidak diketahui.

Waktu dikonfirmasi kepada Mike wartawan sebagai korban kekerasan mengatakan, akan melaporkan kepala tukang itu juga dinas terkait atas perlakuan yang diterimanya. “Kuat dugaan pekerjaan ini bermasalah karena tidak sesuai spesifikasi teknis dan aturan pada pelaksanaannya, oleh karena itu kepala tukang merasa kepanasan saat dikonfirmasi,” jelasnya.

Menurut Mike, pada saat itu tidak ada satupun pihak yang berkompeten berada di lokasi, mulai dari pelaksana lapangan dari pihak kontraktor, tenaga supervisi dari konsultan pengawas, dan PPTK Kegiatan ataupun pihak lain dari Bidang SDA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Padang. Bahkan informasi untuk masyarakat pun terkesan sengaja ditutupi, sebab tidak ditemukan keberadaan papan nama proyek di lokasi pekerjaan.

Terkait hal ini, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat H Heranof Firdaus mengecam intimidasi yang dialami wartawan saat menjalankan tugas Jurnalistik, seperti hal yang dialami oleh 2 (dua) orang wartawan saat menjalankan kontrol sosial pada pekerjaan proyek drainase milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Padang, Bidang SDA.

"Sepanjang wartawan tersebut menjalankan tugas jurnalistik, kami mengecam pelaku kekerasan dan intimidasi terhadap 2 (dua) orang wartawan online yang sedang bertugas. Intimidasi dan kekerasan terhadap jurnalis tidak dibenarkan," tegas H Heranof Firdaus, Selasa (7/4/2020).

Heranof juga menambahkan, wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik dilindungi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Pelaku Intimidasi dapat dituntut secara hukum karena telah menghalang-halangi tugas wartawan seperti diatur pada pasal 18 ayat (1), Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

Sementara itu senada dengan Ketua PWI Sumbar, Ketua Harian AWAK (Aliansi Wartawan Anti Kriminalisasi) Ismail Novendra mengatakan, kami mengutuk perilaku yang melakukan intimidasi serta kekerasan terhadap wartawan yang sedang melakukan tugas Jurnalistik. Pihak SDA DPUPR Kota Padang harusnya lebih ketat dalam mengawasi jalannya pekerjaan.

“Hal ini terjadi dikarenakan tidak adanya pihak yang berkompeten di lapangan, untuk apa konsultan pengawas dibayar jika tidak mengawasi jalannya pekerjaan, hanya menunggu laporan mengarang indah dari pihak kontraktor saja di kantornya?” lanjut Ismail lagi.

Ismail Novendra juga mengatakan, AWAK akan menindaklanjuti kasus ini sampai tuntas dan mengharapkan para penegak hukum proaktif dalam menindaklanjutinya. "Kami mengutuk pelaku kekerasan terhadap dua jurnalis yang sedang bertugas. Kekerasan kepada jurnalis tidak dibenarkan," tutup Ismail. (Red)

COMMENTS

Nama

Advertorial,38,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,641,Bengkulu,177,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,306,Hukum,566,Humbahas,50,Jakarta,128,Jambi,36,Jawa Barat,558,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,9,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,174,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,1915,Megapolitan,140,Meranti,10,Mukomuko,20,Musirawas,19,Nasional,1928,Nusantara,3649,Padang,2,Pagaralam,22,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,387,Rokan Hilir,76,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1030,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,57,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,5,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,15,
ltr
item
Garuda Nusantara: PWI dan AWAK Kutuk Intimidasi 2 Jurnalis yang Terjadi di Proyek DPUPR Kota Padang
PWI dan AWAK Kutuk Intimidasi 2 Jurnalis yang Terjadi di Proyek DPUPR Kota Padang
https://1.bp.blogspot.com/-nUOA7qqzkrY/Xo6ThLnNqEI/AAAAAAAAIHI/NIh8_Ltb3k8p5VyahRR2lsMpBO_Nua4IQCLcBGAsYHQ/s640/STOPKKK.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-nUOA7qqzkrY/Xo6ThLnNqEI/AAAAAAAAIHI/NIh8_Ltb3k8p5VyahRR2lsMpBO_Nua4IQCLcBGAsYHQ/s72-c/STOPKKK.jpeg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2020/04/pwi-dan-awak-kutuk-intimidasi-2.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2020/04/pwi-dan-awak-kutuk-intimidasi-2.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy