src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Tahun 2021, Pemkab Ciamis Sarankan Sekolah Penuhi Protokol Kesehatan

CIAMIS, garudanusantara.id - Terkait persiapan pembelajaran tatap muka di tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Ciamis menyarankan agar sekolah tetap memenuhi dan mempedomani Protokol Kesehatan. Hal tersebut diungkapkan Sekertaris DR H Tatang MPd dalam acara jumpa pers Bidang Pendidikan secara virtual yang berpusat  di Aula Setda Kabupaten Ciamis, Senin (28/12/2020).

Kegiatan tersebut mengulas tema persiapan Tatap Muka Proses Belajar Mengajar (PBM) Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.

Dikatakan Sekretaris Daerah Dr H Tatang MPd, untuk pelaksanaan kegiatan  belajar mengajar  secara tatap muka pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 di bulan Januari, hal itu sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Bersama 4 Menteri.

Yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang panduan penyelenggaraan  pembelajaran  pada tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi covid-19.

Lebih lanjut H Tatang memaparkan hasil keputusan ke-4 Menteri tersebut merujuk kepada 3 (tiga) hal, diantaranya yaitu pertama izin dari pemerintah daerah yang mencakup kewenangan pelaksanaan ditutup atau dibukanya sekolah berdasarkan kepala daerah untuk kabupaten oleh bupati.

Kedua, satuan pendidikan penuhi daftar periksa kesiapan tatap muka, termasuk persetujuan komite sekolah/ perwakilan orang tua/ wali dan ketiga yaitu persetujuan orang tua.

"Meski demikian, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam menetapkan kebijakan pendidikan di masa pandemi covid-19, prinsipnya adalah mengutamakan  kesehatan  keselamatan peserta didik, pendidik,  tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat," tuturnya.

"Untuk melaksanakan  apakah di bulan januari akan ditetapkan tatap muka atau tidak kami akan melihat kondisi peta penyebaran Covid-19 nanti," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengutarakan  bahwa apabila semakin lama pembelajaran  tatap muka tidak di lakukan, maka semakin besar dampak negatif yang terjadi pada anak seperti ancaman putus sekolah, kendala tumbuh kembang, dan tekanan psikologi dan kekerasan dalam keluarga.

Ia menuturkan, pemerintah memiliki kewenangan penuh dalam menentukan  pemberian izin  pembelajaran tatap muka,  dan pemberian izin dapat di lakukan  secara serentak atau bertahap perwilayah kecamatan  dan atau desa/ kelurahan.

"Dinas pendidikan, dinas kesehatan, bpbd sebagai satgas  covid-19, kementerian agama  dan kcd  pendidikan wilayah x111, mulai dari tingkat  kabupaten, kecamatan, dan desa. maka sudah mulai bergerak  ke sekolah- sekolah untuk memverifikasi  instrumen  yang di isi  sekolah dengan  kondisi yang ada," jelasnya.

Adapun indikator yang di lihat dari kesiapan protokol kesehatan  seperti ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan, kondisi kelas tempat duduk  jarak minimal 1,5 m dengan jumlah maksimal  50%  jadwal pembelajaran  di berlakukan shifting,  perilaku wajib  menggunakan 3m , kondisi medis warga satuan  pendidikan, kantin selama masa transisi  tidak diperbolehkan, selain pembelajaran  tidak di perbolehkan  ada kegiatan lain,  dan pembelajaran di luar lingkungan  satuan pendidikan  di perbolehkan dengan  protokol kesehatan.

Pada kegiatan tersebut H Tatang juga menyampaikan bahwa untuk menunjang ketersediaan alat prokes seperti  hand  sanitaizer maupun masker dan thermogun dan yang lainya,  pihak sekolah  bisa menggunakan dana dari dana BOS.

Di penghujung acara ia menghimbau agar segala bentuk kesiapan bisa segera di penuhi oleh setiap sekolah, dan verifikasi tersebut tidak hanya oleh Disdik akan tetapi juga dari pihak Satgas Covid-19 dari Dinkes Ciamis dan OPD terkait yang lebih paham dengan keilmuannya di masa pandemi.

"Jenjang waktu kesiapan  akan di cek atau verifikasi sampai awal tahun minggu pertama di bulan januari nanti, hasil verifikasi sekolah- sekolah yang siap melaksanakan tatap muka bukan berarti sekolah tersebut langsung bisa melakukan  kbm akan tetapi menunggu surat keputusan kepala daerah  untuk menetapkan pembelajaran  secara tatap muka, apakah di laksanakan secara serentak di kabupaten atau secara bertahap di wilayah kecamatan atau desa," pungkasnya. (Agus K)

COMMENTS

Nama

Advertorial,38,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,592,Bengkulu,178,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,322,Hukum,635,Humbahas,57,Jakarta,138,Jambi,36,Jawa Barat,556,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,175,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2049,Megapolitan,138,Meranti,10,Mukomuko,20,Musirawas,19,Nasional,2014,Nusantara,3890,Padang,2,Pagaralam,22,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,388,Rokan Hilir,78,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1123,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,57,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Tahun 2021, Pemkab Ciamis Sarankan Sekolah Penuhi Protokol Kesehatan
Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Tahun 2021, Pemkab Ciamis Sarankan Sekolah Penuhi Protokol Kesehatan
https://1.bp.blogspot.com/-WX0IdsRZI9s/X-ra-7OQ5eI/AAAAAAAALa0/ulH9CHIMqdQNcyPbAPMJvRSPzZVhzIqbACLcBGAsYHQ/w640-h404/TATANG.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WX0IdsRZI9s/X-ra-7OQ5eI/AAAAAAAALa0/ulH9CHIMqdQNcyPbAPMJvRSPzZVhzIqbACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h404/TATANG.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2020/12/persiapan-pembelajaran-tatap-muka-di.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2020/12/persiapan-pembelajaran-tatap-muka-di.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy