src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Dinilai Melecehkan dan Provokatif, Prof. Jusuf Henuk Diminta Hengkang dari Tapanuli Utara

TARUTUNG, garuda nusantara.id – Prof DR Junus Henuk, Guru Besar di IAKN Tarutung diminta hengkang dari Tapanuli Utara karena dinilai provokatif dan tidak beretika dalam menggunakan Media Sosial (Facebook). Permintaan itu disampaikan delegasi  Forum Solidaritas Peduli Tapanuli Utara (FORSAPTU) dalam penyampaian aspirasi di Ruang Paripurna  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Taput.

Puluhan warga masyarakat lengkap menyandang  ulos Batak yang tergabung dalam FORSABTU melakukan audensi penyampaian aspirasi di DPRD dan Kantor Bupati Tapanuli Utara, hari Jumat (28/5). Audensi itu  terkait dengan munculnya komentar Prof. DR Junuf Henuk  di Facebook yang dinilai bertolak belakang dengan budaya (Khususnya Budaya Batak) dan provokatif.

Hal senada juga disampaikan Martua Situmorang sebagai Pemerhati Pendidikan  dalam rombongan audensi tersebut . Ia meminta kepada lembaga DPRD Tapanuli Utara untuk memberi perhatian serius atas perkembangan yang muncul atas pernyataan Prof. Jusuf Henuk di Medsos.

Martua mengatakan, Sebagai  Professor  dan  guru besar  di Institut Agama Kristen  Negeri  Tarutung, Jusuf Henuk tidak pantas  menyampaikan ujaran mengandung kebencian dalam akun facebooknya, bahwa orang Tapanuli Utara terbelakang, dan menghina beberapa pribadi masyarakat Tapanuli Utara dengan menyebutnya BODOH. Oleh sebab itu, Martua mengharapkan DPRD Tapanuli Utara menyurati  lembaga terkait dengan penempatan Prof. Jusuf Henuk agar ditarik dari IAKN Tarutung.  

"Jusuf Henuk berpotensi memecah belah kebersamaan di Tapanuli Utara. Dan atas pernyataannya yang mengandung ujaran kebencian di akun facebooknya, Jusuf Henuk sudah dilaporkan ke Polres Tapanuli Utara," sebut Martua Situmorang.

Tohom Lumbantobing dari Forum Partungkoan Tarutung menyampaikan kekecewaannya terhadap sikap Prof. Jusuf Henuk yang menyampaikan pernyataan provocative dan dinilai melecehkan orang (warga) Tapanuli Utara. Hal senada juga disuarakan  Alpa Simanjuntak dari PGRI, Maslan Sinaga Ketua Lembaga Adat Dalihan Natolu.

Zainal Sihombing SH sebagai Pengacara yang mengadukan Prof. Jusuf Henuk ke Polres Taput menghimbau agar DPRD Tapanuli Utara berkenan memantau perkembangan proses hukum ini. Ia mengatakan, Prof. Jusuf Henuk seypogyanya menerapkan pafsafah pendididikan Tutwurihandayani, harus sebagai teladan kepada masyarakat. Bukan menjadi sosok yang menimbulkan perpecahan. Ia berharap agar Prof. Jusuf Henuk dilaporkan kepada Kementerian Pendidikan, Ombusdmen dan kementerian lain yang terkait, karena yang bersangkutan adalah ASN. 

Rombongan Audensi FORSAPTU itu diterima Ketua DPRD Poltak Pakpahan, bersama  empat anggota lainnya masing-masing Joni Tombang Marbun (fraksi Partai Golkar), Ombun Simanjuntak, Prido Sinaga dari Fraksi PDIP dan Mangoloi Pardede  serta didampingi Sekwan Irman Hutabarat.

Ketua DPRD Poltak Pakpahan menyampaikan terima kasih kepada rombongan  FORSAPTU yang datang untuk mengingatkan anggota DPRD terkait sikap seorang Professor ASN yang dinilai tidak memahami nilai-nilai Budaya dalam menyampaikan pendapatnya di Media Sosial. Ia berjanji akan mempelajari dengan serius laporan yang disampaikan FORSAPTU dan dalam sesegera mungkin mengambil  tindakan.

"Percayalah, kami akan segera menindaklanjuti aspirasi saudara-saudara," ujar Poltak dan minta maaf karena alasan tugas keluar kota, anggota DPRD yang lain berhalangan hadir. (Jansen S/Lindung S)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,705,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,70,Headline,419,Hukum,825,Humbahas,342,Jakarta,224,Jambi,211,Jawa Barat,983,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,247,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,313,Meranti,12,Mukomuko,104,Musirawas,19,Nasional,2509,Nusantara,5742,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,34,Sumatera Utara,1841,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,205,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Dinilai Melecehkan dan Provokatif, Prof. Jusuf Henuk Diminta Hengkang dari Tapanuli Utara
Dinilai Melecehkan dan Provokatif, Prof. Jusuf Henuk Diminta Hengkang dari Tapanuli Utara
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimkc_-3W4a-Pw4C-1TjwYFX2VldZnNsX3CdSbgCuDLK-hKsgNg81v2tzMrbs07sz0tYwjP-3pStsrJ4INOLCtVbf1hXx_zyKgoz8cnVftsTSxHlet1UQsv5gLg9dfnt_eWvHONe8TSyKQ/w640-h480/Henuk+6.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimkc_-3W4a-Pw4C-1TjwYFX2VldZnNsX3CdSbgCuDLK-hKsgNg81v2tzMrbs07sz0tYwjP-3pStsrJ4INOLCtVbf1hXx_zyKgoz8cnVftsTSxHlet1UQsv5gLg9dfnt_eWvHONe8TSyKQ/s72-w640-c-h480/Henuk+6.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2021/05/dinilai-melecehkan-dan-provokatif-prof.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2021/05/dinilai-melecehkan-dan-provokatif-prof.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy