src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

FORSAPTU Sampaikan Dukungan Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya

TARUTUNG, garudanusantara.id - Forum Solidaritas Peduli Tapanuli Utara  (FORSABTU) gabungan organisasi masyarakat, organisisai profesi,  lembaga dan Organisasi Kepemudaan yang ada di Tapanuli Utara menyampaikan dukungannya terhadap pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya (UNTARA).  Dukungan secara tertulis sebagaimana tertuang dalam Surat Nomor 003/FORSABTU/REKOMENDASI/TU/V/2021 TERTANGGAL 27 Mei 2021  serta dukungan masing-masing organisasi disampaikan secara kolektif kepada  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tapanuli Utara, Jumat (28/5/2021). 

Dibawah kondinator  lapangan Harry Lumban Tobing (Hartob) rombongan FORSAPTU yang berangkat jalan kaki dari sekretaria di Jl. Ahmad Yani Tarutung melalui Jl. Sisingamangaraja  diterima  di halaman gedung DPRD langsung oleh Ketua Poltak Pakpahan didampingi anggota Joni Tombang Marbun (Fraksi Partai Golkar), Ombun Simanjuntak , Prido Sinaga dari Fraksi PDIP. Serta Mangoloi Pardede. 

Setelah Ketua Umum FORSAPTU menyampaikan pokok-pokok aspirasi yang akan disampaikan, Ketua DPRD mengajak rombongan delegasi masuk ke ruang rapat Pripurna untuk dialog dengan tetap menaati  protokol kesehatan Covid 19.

Dompak Hutasoit dalam pembukaan pertemuan itu menyampaikan tekad  masyarakat Tapanuli Utara untuki mendukuing penyelenggaraan pembangunan  dengan berbasis sumber daya masusia (SDM)  berkualitas.  Dikatakan, bahwa kehadiran FORSABTU di DPRD Tapanuli Utara  untuk menyampaikan kerinduan atas hadirnya sebuah Universitas Negeri di Tapanuli Utara yang mencakup pelayanan ke kawasan Tapanuli Raya. 

Atas kerinduan itu,  duapuluhan OKP, Organisasi Masyarakat, Organisasi Profesi dan Lembvaga  Adat telah menghimpun kebulatan tekad  untuk mendukung berdirinya Universitas Negeri dengan pprogram pendidikan umum. "Kami sangat mendukung gagasan pendirian Universitas Negeri sebagaimana dimohonkan Bapak Bupati Tapanuli Utara kepada Bapak Presiden pada waktu yang lalu," ujar Dompak dan menyebutkan, dasar dukungan itu berangkat dari persentase peluang kerja secara nasional bagi masyarakat Tapanuli Raya, khususnya masyarakat Tapanuli Utara.

Drs. Alpa Simanjuntak, Ketua PGRI Tapanuli Utara kepada  Pimpinan DPRD menyampaikan, Universitas Negeri non keagamaan sudah merupakan kebutuhan di kawasan Tapanuli Raya terutama Tapanuli Utara dan kabupaten sekitarnya. Ia mengakui, sebagai Kepala Sekolah di perguruan swasta, ia mengaku menerima dua orang alumni Pergurian Tinggi Keagamaan bekerja di sekolah yang dipimpinpinnya. Dikatakan, kedua alumni perguruan tinggi keagamaan yang bekerja disekolahnya tidak bekerja sesuai dengan ilmu kesarjanaan mereka.

"Oleh sebab itu, saya sebagai Ketua PGRI menyampaikan dukungan kepada Pemerintah Tapanuli Utara yang saat ini menggagasi pendirian Universitas Negeri dengan Pogram Pendidikan Umum.  Entah apapun namanya, apakah UNTARA, terserah kepada pimpinan  yang berwenang lah. Yang penting Universitas Negeri berdiri di kawasan Tapanuli Raya terutama di Tapanuli Utara,” ujar Alpa Simanjuntak.

Ketua Yayasan Parade Guru Martua Situmorang menggarisbawahi, latar belakang pendirian Universiata Negeri adalah masalah peluang kerja.  Ia berharap, DPRD Tapanuli Utara dapat menindaklanjuti  aspirasi FORSAPTU untuk mewujudkan pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Raya (UNTARA). 

Ketua DPRD Poltak Pakpahan menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta audensi penyampaian aspirasi. Dikatakan, DPRD Tapanuli Utara sudah melakukan diskusi internal terkait peluang pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Utara. Secara umum dikatakan, pendirian Universitas Negeri di daerah ini lebih menguntungkan daripada Perguruan Tinggi spesifik. Kretua DPRD mernegaskan  akan menindaklajuti aspirasi FORSABTU untuk mendirikan UNTARA  dan ikut berjuang untuk mewujudkannya. 

Sebelum meninggalkan Gedung DPRD, FORSAPTU menyerahkan bundel dukungan  pendirian UNTARA dari puluhan OKP, Organisasi Profesi, Organisasi Masyarakat dan Lembaga Adat. 

Asisten II Parsaoran Hutagalung menerima delegasi FORSAPTU di halaman Kantor Bupati Jl. Jend. Suprapto Tarutung. Parsaoran menyapaikan terima kasih atas kepedulian masyarakat yang tergabung dalam FORSABTU atas pembangunan di Tapanuli Utara dan berjanji akan menyampaikan aspirasi mereka ke Bupati Tapanuli Utara yang tidak bisa hadir menerima delegasi.

Kepada Asisten II, Ketua FORSAPTU Dompak Hutasoit didampingi aktivis lainnya menyerahkan  surat dukungan pendirian UNIVERSITAS NEGERI TAPANULI RAYA  (UNTARA) transformasi dari Perguruan Tinggi yang sudah ada yang ditandatangani Ketua Umum Dompak Hutasoit, Sekretaris Umum Harapan Sagala, Ketua LADN Maslan Sinaga, Sekretaris LADN Ramli Simamora. 

Apresiasi

Sementara itu, Ketua ICW Tapanuli Utara dan Jurnalis Senyor  Petrus L. Siambaton BA menyampaikan apresiasi kepada Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan  Msi  yang terus melakukan terobosan pembangunan untuk kepentingan masyarakat luas di daerah ini. 

“Kita dapat melihat dengan kasat mata, sejumlah pembangunan yang sedang dilaksanakan di daerah ini terus bergerak.  Pembangunan yang dilaksanakan dengan alokasi dana yang cukup besar dari APBN semuanya tidak terlepas dari perjuangan Pak Bupati Nikson Nababan,” ujar Petrus.

Petrus menambahkan, di sektor pendidikan Bupati Drs. Nikson Nababan terus berjuang agar generasi muda Tapanuli Utara berpeluang mengecap pendidikan di Universitas  Negeri yang ada di kawasan Tapanuli. “Itulah motivasi perjuangan Pak Bupati untuk  pendirian UNTARA. Kita sangat apresiasi perjuangan itu,” tambah Petrus.  (Jansen Simanjuntak/LS)

COMMENTS

Nama

Advertorial,40,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,592,Bengkulu,179,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,331,Hukum,654,Humbahas,60,Jakarta,142,Jambi,39,Jawa Barat,576,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,175,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2069,Megapolitan,153,Meranti,11,Mukomuko,30,Musirawas,19,Nasional,2064,Nusantara,3973,Padang,2,Pagaralam,26,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,389,Rokan Hilir,78,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1134,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,58,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: FORSAPTU Sampaikan Dukungan Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya
FORSAPTU Sampaikan Dukungan Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya
https://1.bp.blogspot.com/-NUYCZqBWals/YLJFfrJacxI/AAAAAAAANPs/OyGIheaGS8EVn3-daOM0BWujCBm2ZnnUACLcBGAsYHQ/w640-h406/Forsabtu%2B1.1..jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NUYCZqBWals/YLJFfrJacxI/AAAAAAAANPs/OyGIheaGS8EVn3-daOM0BWujCBm2ZnnUACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h406/Forsabtu%2B1.1..jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2021/05/forsaptu-sampaikan-dukungan-pendirian.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2021/05/forsaptu-sampaikan-dukungan-pendirian.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy