src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Warga Bingung, HGU PTPN V Pasir Putih Disulap Menjadi Desa Tanpa Lahan

ROKAN HILIR, garudanusantara.id - Negara Indonesia sudah mengetahui bahwa Perkebunan PTPN adalah Badan Usaha Milik Negara( BUMN) dan pekerjanya atau karyawannya sudah tentu digaji oleh perusahaan itu dan tentunya diberikan kesejahteraan dan tempat tinggal.

Pada saat bersama Tim Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bersama awak media, Selasa (10/8/2021) menyelusuri daerah PTPN V yang terletak di desa Pasir Putih Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Propinsi Riau banyak temuan yang aneh dan janggal.

Kejanggalan itu ditemukan bahwa ada berdiri Sebuah Desa yang namanya Desa  Pasir Putih mulai Tahun 2017 di sebuah Perusahaan BUMN yakni, PTPN V dengan memiliki warga 400 KK yang juga pekerja Buruh Harian Lepas (BHL) dan karyawan di perkebunan kelapa sawit di PTPN V.

Anehnya lagi, selidik punya selidik yang dilakukan Tim LSM LPK Propinsi Riau itu, Pimpinan beserta kaur nya di pemerintahan desa itu, masih bekerja sebagai karyawan PTPN V.

Selain itu, Ketua LSM Lembaga Pemantau Korupsi (LPK) Propinsi Riau, Miswan mengatakan kepada wartawan di lokasi bahwa pemerintah Desa sudah memiliki pembangunan Jalan Drainase dan Mobil Ambulance dari Dana Desa (DD) Mulai tahun 2019 dengan anggaran besar. Lain lagi bantuan sosial seperti PKH, BLT dan bantuan miskin.

"Ini sudah aneh, ada pembangunan Pemerintah Desa di dalam kebun PTPN V. Padahal Pemerintah Desa tidak memiliki lahan desa. Ini ada permainan pemilik Kebun dan pemerintah," ucap Miswan merasa curiga.

Didalam Desa tanpa kawasan sosial, ketua LSM LPK Miswan beserta Tim merasa aneh dan heran degan pemerintah Pemkab Rohil dengan keberadaan desa diwilayah HGU yang notabene masyarakatnya adalah kariawan PTPN V,   Pengurus Lembaga Pengawas Korupsi DPD Provinsi Riau.

"Kami menghimbau Pemkab Rohkan Hilir dan Pemprov Riau untuk melepaskan HGU PTPN V untuk menjadikan kawasan sosial Desa Pasir Putih agar masyarakat sejahtera," harapnya.

Jangan warga, Kepala Desa/ penghulu saja bingung memikirkan mengenai status  desa tanpa kawasan sosial ini yang berada Hak Guna Usaha(HGU) di kawasan perkebunan kelapa sawit PTPN V di kecamatan Bagan Sinembah.

Kebingungan itu rupanya terucap oleh Kepala Desa/Pengulu Pasir Putih, Samsir Silalahi kepada Wartawan selasa, (10/8/2021) saat di wawancara di kediamannya yang tinggal di perumahan perkebunan di Plasmen PKS Dusun Tanah Putih.

Diceritakan Samsir,  layangkan permohonan  pembebasan lahan sosial Desa Pasir Putih kec Bagan Sinembah kab Rohil  ke pihak manajemen PTPN V dan pihak Pemkab Rohil sejak awal tahun 2017, dibawah kepemimpinan Bupati Rokan Hilir,  H Suyatno 

"Saya sudah berupaya layangkan permohonan pembebasan lahan sosial desa yang saya pimpin sejak awal tahun 2017. Tapi tidak mendapatkan kejelasan dari pihak Pemerintah dan Perusahaan star permohonan yang telah di ajukan," ungkap penghulu.

Disamping itu, dia menyampaikan selain Kades pasir putih, dirinya masih berstatus kariawan PTPN V dengan jabatan pengurus Rumah Ibadah.

Hingga berita ini diterbitkan, Tim Lembaga Pengawas Korupsi masih tetap mendalami dan berupaya untuk bekerjasama dengan Pemdes  merangkul tokoh Agama, Adat dan Masyarakat desa sehingga desa tersebut memiliki wilayah sosial tempat berinovasi. (Hariduan Rumahorbo/Red)

COMMENTS

Nama

Advertorial,38,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,647,Bengkulu,178,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,319,Hukum,627,Humbahas,57,Jakarta,132,Jambi,36,Jawa Barat,590,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,9,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,175,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2026,Megapolitan,148,Meranti,10,Mukomuko,20,Musirawas,19,Nasional,2006,Nusantara,3858,Padang,2,Pagaralam,22,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,388,Rokan Hilir,78,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1111,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,57,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Warga Bingung, HGU PTPN V Pasir Putih Disulap Menjadi Desa Tanpa Lahan
Warga Bingung, HGU PTPN V Pasir Putih Disulap Menjadi Desa Tanpa Lahan
https://1.bp.blogspot.com/-QDmavtFegXI/YRPJbfN-4WI/AAAAAAAANnM/Qc8wOlW-4xcR4a-_MAl-tcuJcusCctjXQCLcBGAsYHQ/w640-h480/KUMPUL.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-QDmavtFegXI/YRPJbfN-4WI/AAAAAAAANnM/Qc8wOlW-4xcR4a-_MAl-tcuJcusCctjXQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h480/KUMPUL.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2021/08/warga-bingung-hgu-ptpn-v-pasir-putih.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2021/08/warga-bingung-hgu-ptpn-v-pasir-putih.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy