src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Bale Huta Tonga Parlilitan, Bangunan Bersejarah Butuh Revitalisasi

HUMBAHAS, garudanusantara.id - Bale Huta Tonga merupakan bangunan bersejarah yang sudah mulai rusak karena termakan usia. Hal ini disampaikan Marnata Hasugian bersama Pengurus Yayasan Pomparan Ompu Rantur Hasugian pada pertemuan dengan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Humbang Hasundutan.

Marnata menyampaikan bahwa maksud dan dan tujuan kunjungan tersebut adalah menginformasikan dan membicarakan seputar situasi Bale Huta Tonga yang saat ini sudah dalam kondisi rusak. 

Disampaikan bahwa bangunan ini berada di Dusun Kuta Jehe, Desa Sihastonga, Kecamatan Parlilitan. Bangunan tersebut memiliki nilai historis yang tinggi namun sudah dalam kondisi rusak karena termakan usia. 

Bale Huta Tonga ini berhubungan erat dengan sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII di wilayah Parlilitan. Diperkirakan bahwa bangunan ini sudah berusia ratusan tahun dan lokasinya dianggap sebagai perkampungan mula-mula di wilayah Parlilitan. 

“Dalam rangka pelestarian seni budaya serta pembangunan kepariwisataan di wilayah Parlilitan, kami bersedia menjadikan bangunan Bale Huta Tonga sebagai lokasi atraksi pariwisata dan budaya bagi masyarakat umum” ujarnya.

Kadisparpora Humbang Hasundutan menyambut baik kunjungan para pengurus lembaga ini dan menyampaikan bahwa Bangunan Bale Huta Tonga ini merupakan aset budaya yang mahal, Oleh karena itu perlu dilestarikan. 

“Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan akan tetap bersinergi dengan masyarakat, khususnya pengurus Yayasan Pomparan Ompu Rantur Hasugian dalam rangka revitalisasi bangunan budaya ini,” ujar Kadisparpora. 

Ditambahkannya bahwa informasi tentang bangunan dan lokasi bangunan ini perlu dituliskan dengan baik agar masyarakat luas mengetahui sejarah dan nilai-nilai luhur dari bangunan ini. 

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan juga dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh, kiranya bangunan ini mendapat perhatian dari berbagai pihak agar dapat direvitalisasi dengan baik,” tutup Kadisparpora. 

Pada kesempatan itu juga, pihak Dinas Parpora Humbang Hasundutan langsung menghubungi pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh.  Dilaporkan bahwa di Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan terdapat sebuah bangunan bersejarah yang digolongkan sebagai Objek Yang Diduga Cagar Budaya (ODCB) dan saat ini kondisinya sudah rusak. 

Pihak BPCB Aceh, Bapak Adi menyampaikan agar bangunan tersebut didaftarkan terlebih dahulu sebagai Objek Yang Diduga Cagar Budaya di tingkat kabupaten. Dibuatkan proposal permohonan revitalisasi bangunan, yang memuat tentang: sejarah, material bangunan, foto perkakas yang terdapat di dalam bangunan, fungsi bangunan (dahulu, kini dan akan datang), status kepemilikan (lahan/bangunan), titik koordinat, surat persetujuan revitalisasi (pemilik, tetangga, pemerintah setempat), kondisi saat ini, estimasi biaya revitalisasi. (Freddy T/VN)

COMMENTS

Nama

Advertorial,46,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,605,Bengkulu,189,Bengkulu Selatan,30,Cikarang,66,Headline,335,Hukum,694,Humbahas,78,Jakarta,154,Jambi,59,Jawa Barat,642,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,176,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2075,Megapolitan,180,Meranti,11,Mukomuko,61,Musirawas,19,Nasional,2306,Nusantara,4445,Padang,2,Pagaralam,31,Pekanbaru,11,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,195,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1288,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,58,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,51,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Bale Huta Tonga Parlilitan, Bangunan Bersejarah Butuh Revitalisasi
Bale Huta Tonga Parlilitan, Bangunan Bersejarah Butuh Revitalisasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaciGwgua9ya1yyMDlViwkdGIoPmhVdI_7Z9giFQOzH_4Xf_wEOvtdibTijdWoxJOroJih9Q0hvg8qCAmrEcZlI2JtSBdhF662K0_AEeK2kFzr3Try2cQwKZhT8jiiNh2BVDvtwBXVdEIuKW8kXeHfNE4e1dszkb-0mS2LwHrA0Us1JY8keHhUO8Sr/w640-h312/BALE.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaciGwgua9ya1yyMDlViwkdGIoPmhVdI_7Z9giFQOzH_4Xf_wEOvtdibTijdWoxJOroJih9Q0hvg8qCAmrEcZlI2JtSBdhF662K0_AEeK2kFzr3Try2cQwKZhT8jiiNh2BVDvtwBXVdEIuKW8kXeHfNE4e1dszkb-0mS2LwHrA0Us1JY8keHhUO8Sr/s72-w640-c-h312/BALE.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2022/04/bale-huta-tonga-parlilitan-bangunan.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2022/04/bale-huta-tonga-parlilitan-bangunan.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy