src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Bupati Samosir dan Rektor UGM Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama

SAMOSIR, garudanusantara.id - Pemerintah Kabupaten Samosir kembali menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada. Kerjasama tersebut disepakati dan ditanda tangani Bupati Samosir dengan Rektor UGM. Penandatangan kerjasama dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Harian, Kamis (4/8).

Rektor UGM, Ova Emilia hadir langsung dan menandatangani Nota kesepahaman bersama Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom. Turut hadir bersama Rektor UGM Yogyakarta diantaranya,Wakil Rektor bidang kemahasiswaan pengabdian kepada masyarakat dan Alumni, Arie Sujito, Sekretaris Rektor, Gugup Kismono, Direktur pengabdian kepada masyarakat, Irfan Dwidaya Prijambada, Sekjen Kagama yang menjabat sebagai staf khusus Presiden RI, Ari Dwipayana. 

Kedatangan Rektor UGM disambut baik Bupati Samosir bersama pimpinan OPD Kab. Samosir, forkopicam Kecamatan Harian dan tokoh masyarakat. Penyambutan dengan tarian tor-tor dan pemberian ulos oleh tokoh masyarakat Kecamatan Harian. 

Universitas Gadjah Mada, sebelumnya telah mengirimkan 90 mahasiswa untuk melaksanakan KKN-PPM di Kabupaten Samosir yang disebar di Kecamatan Harian, Sianjur Mula mula dan Pangururan. Mahasiswa KKN-UGM membawa tema"Inovasi produk kopi Samosir dan pengembangan sektor pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat"

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom, menyambut baik dan mengapresiasi kehadiran rektor dan staf khusus presiden RI di Kabupaten Samosir. "Terima kasih kepada seluruh undangan dan hadirin sudah datang ke Kabupaten Samosir. Selamat Datang di Negeri Indah Kepingan Surga" sapa Bupati Samosir.

Vandiko T. Gultom mengatakan, Kerjasama dengan UGM merupakan kerjasama simbiosisme mutualisme yang menguntungkan kedua belah pihak dan saling membantu di berbagai bidang, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan kajian-ajian ilmiah kedua belah pihak.  "Saya rasa menguntungkan kedua belah pihak, mahasiswa dapat mengapresiasikan diri, masyarakat Samosir mendapat ilmu pengetahuan dan ilmiah," katanya.

Dengan kerjasama dan KKN ini, Bupati Samosir menyakini akan dapat mempercepat perwujudan visi Kabupaten Samosir. "Terwujudnya Masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat Secara Ekonomi Kesehatan dan Pendidikan". 

Seiring dengan visi tersebut, Pemkab Samosir membuka jejaring luas kemitraan dengan pihak akademisi yang mempunyai dedikasi memberi perhatian dan kontribusi. 

" Adek-adek dari UGM, kami mengucapkan terima kasih. Jadikan Samosir menjadi pengabdian awal sebelum terjun ditengah-tengah masyarakat. Terima kasih sudah memberi pengetahuan dan membantu masyarakat dalam ilmu pengetahuan," ucap Vandiko.

Bupati Samosir juga mengajak masyarakat khususnya petani kopi untuk menerima inovasi baru dari mahasiswa dalam peningkatan kopi yang  lebih baik serta bernilai ekonomi tinggi.  

Rektor Universitas Gadjah Mada, Ova Emilia memuji dan kagum dengan keindahan alam Samosir. "Walau perjalanan cukup panjang, namun kami dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah" ungkap Ova.

Selama perjalanan, Ova dan rombongan pun banyak mendokumentasi foto alam yang cantik. Menurut Ova Emilia, banyak potensi alam yang yang cocok dikembangkan sebagai agro dan ekowisata. Danau Toba yang sangat legend lekat sejarah dan budaya.

Kolaborasi mahasiswa KKN dan Pemkab. Samosir dalam inovasi kopi sangat membanggakan. Kopi Samosir yang itanam diatas ketinggian 1430 MDPL, menjadi spesial, potensi yang perlu dimanfaatkan bersama. 

Untuk itulah perlu dirancang berbagai program, potensi agrowisata dan ekowisata, melalui pendidikan, kesehatan berbasis ekonomi kreatif, tambanya.

Rektor UGM, Ova Emilia menyampaikan, mahasiswa KKN UGM  ingin mengoptimalkan beberapa hal dan membantu didaerah ini, dengan berkarya, mengabdi dan membagi ilmu yang sudah didapat. Melalui KKN ini, mahasiswa UGM mampu belajar bersama masyarakat, memiliki etos kerja, disiplin, kemandirian, merakyat,memiliki jiwa kepemimpinan, empati dan kepedulian merespon kebutuhan masyarakat.

"UGM siap mendukung Samosir melalui tri darma perguruan tinggi. Mengembangkan Sumber Daya Manusia, teknologi, guna kesejahteraan masyarakat. Semoga kerjasama dan sinergi terus berlanjut dan bermafaat bagi masyarakat  Samosir" ucapnya mengakhiri.

Pengurus Kagama, yang menjabat sebagai Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana, memuji Bupati Samosir sebagai Bupati muda yang berkarya dan membangun Kabupaten Samosir dan patut menjadi contoh bagi mahasiswa UGM. “Alam yang indah, Danau Toba sebagai global Geopark harus dijaga,” katanya.

Ari Dwipayana menjelaskan, berada di daerah Global Geopark bisa mendapatkan pengetahuan kekayaan alam dan keragaman ekosistim. 

Diutarakan, selama perjalanan melihat terminal pelabuhan sudah bersih, bagus. Hal ini menunjukkan pembangunan infrastruktur sudah baik. Selain infrasruktur, berbagai potensi alam harus dimanfaatkan sebagai warisan yang sangat lama.

Termasuk produk Kopi  Samosir yang harus diangkat dan dibranding.  "Dua hal dalam pariwisata, konservasi alam dan budaya perlu dirawat. Dengan demikian pariwisata akan semakin bergerak dengan baik," tegas Ari Dwipayana.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UGM Yogyakarta memberikan cindera mata kepada Bupati Samosir berupa miniatur gedung pusat Universutas Gadjah Mada dan sebaliknya Bupati Samosir mengalungkan Stola kepada rektor UGM, Staf Khusus Presidwn RI dan rombongan. (Manahan/Parjo)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,702,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,70,Headline,416,Hukum,824,Humbahas,341,Jakarta,220,Jambi,211,Jawa Barat,978,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,246,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,309,Meranti,12,Mukomuko,104,Musirawas,19,Nasional,2504,Nusantara,5735,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,34,Sumatera Utara,1840,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,205,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Bupati Samosir dan Rektor UGM Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama
Bupati Samosir dan Rektor UGM Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqFZwbKdyQ9_JTQpoS94-ca7XPCgwEgt1tJ3Rivk_2Xf10D11v67HNcwdq-UkDtBy9mXBFxkT8YhCLyr36UcGFYrvWwTkTK4Z4qsDocVhgJDyT_2d_17kYc9gmyaL50EqqPCxIhUyQokfxmzSh8OSB3khV8wb6f5Ol7pMMNNLiIkq5aYzfsBYYawpy/w640-h426/KUNKER.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqFZwbKdyQ9_JTQpoS94-ca7XPCgwEgt1tJ3Rivk_2Xf10D11v67HNcwdq-UkDtBy9mXBFxkT8YhCLyr36UcGFYrvWwTkTK4Z4qsDocVhgJDyT_2d_17kYc9gmyaL50EqqPCxIhUyQokfxmzSh8OSB3khV8wb6f5Ol7pMMNNLiIkq5aYzfsBYYawpy/s72-w640-c-h426/KUNKER.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2022/08/bupati-samosir-dan-rektor-ugm.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2022/08/bupati-samosir-dan-rektor-ugm.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy