src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Sejumlah Warga Berorasi di Gerbang Mapolda Sumut Tuntut Keadilan, "Jangan Main-Main Sama Nyawa"

MEDAN, garudanusantara.id - Puluhan masyarakat melakukan aksi unjuk rasa menuntut keadilan, kejujuran, serta mengungkap kebenaran atas kematian Abdi Sanjaya Ginting di Markas Polisi Daerah Sumatera Utara (Mapoldasu), Senin (21/9/2020).

Dalam orasi tersebut warga meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin untuk segera menindaklanjuti laporan pengaduan yang telah dibuat ke SPKT Poldasu pada Jumat 11 September 2020 pukul 22.50 wib dengan bukti STTLP Nomor 1720/IX/2020/Sumut/SPKT “I” yang ditandatangani Kepala Siaga I Kompol Saiful.

Warga menuntut agar kasus perkara penganiayaan, pembunuhan dengan perampasan harta benda si korban berupa cincin emas 20 gram, mobil daihatsu, serta telepon genggam yang raib, agar diungkap.

Demikianpun halnya pihak Rumah Sakit Adam Malik, diminta warga agar profesional dalam mengeluarkan hasil autopsy tanpa adanya tekanan atau adanya intervensi dari pihak manapun. “Masyarakat yakin dan percaya terhadap kinerja kepolisian, kasus ini akan terungkap dengan sebenar-benarnya,” tegas warga.

Melalui kuasa hukum korban, Daniel Simbolon SH mengutarakan agar kepolisian jujur, koperatif dan profesional dalam mengungkap kasus tersebut.

"Jangan karena yang kami duga pelakunya oknum polisi terus ada indikasi untuk menutupi, membungkus, mendramatisir, dengan ini kami sangat keberatan jika ada upaya-upaya untuk itu," jelasnya.
Lebih lanjut Daniel menerangkan, bahwa sangat mengapresiasi kinerja kepolisian dalam menangani kasus narkoba. Akan tetapi, lakukanlah sesuai sesuai SOP, jangan ada pelanggaran pidana, penyiksaan dalam mengungkap  kasus narkoba pada saat proses penangkapan. “Itu sudah menyalahi aturan serta melanggar HAM,” kata Daniel.

“Kalau benar salah, proseslah sesuai hukum normatif yaitu, tangkap, periksa dan tahan itulah hukum yang seharusnya yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini. Pada pasal berapa, serta Undang Undang mana yang diberlakukan yang memberikan Hak kepada Polisi dalam proses penangkapan boleh menganiaya?” tambahnya.

Lebih lanjut keluarga Almarhum menuntut untuk menangkap para pelaku, proses hukum, dan jika benar ini terkait jaringan Narkoba? “Bongkar jaringan Narkobanya,  jangan dibunuh ini si cokna, kalau benar ini bandar narkoba, kenapa di bunuh?” ijar Daniel Simbolon SH.

Daniel pun mengisahkan setelah sebelumnya Abdi Sanjaya Ginting "diduga" meninggal karena dianiaya pada hari Jumat 11 September 2020 pukul 02.00 Wib. 

“Abdi Ginting diminta untuk datang menemui mereka (oknum polisi-red) tepatnya di Jalan Jamin Ginting, sebelum Pajak Pancur Batu, di depan Swalayan Gundaling MM. Setelah korban sampai di lokasi, dia disuruh turun dari mobilnya untuk menemui orang yang meneleponnya tadi. Para pelaku berjumlah sedikitnya ada 4 orang. Dan diduga mereka polisi semua,” ujar Daniel.

Menurut keterangan saksi yang melihat ada beberapa pihak disana, melaporkan si korban (Abdi sanjaya Red) pergi ke suatu lokasi, lalu si korban menemui mereka. Lalu pas ketemu mereka langsung pergi. Atas dasar itulah kita khawatir ada "dugaan" orang tak dikenal menganiaya korban,” ujarnya.
“Dugaan itu diperkuat dengan adanya bekas memar di sekujur tubuh korban, serta dari mulut korban mengeluarkan darah,” bebernya.

Dikonfirmasi terpisah Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan kepada Garuda Nusantara mengatakan, bahwa Abdi Sanjaya Ginting alias cokna ditangkap Satresnarkoba Polresta Deli Serdang, meninggal karena sakit. “Mereka (keluarga korban-Red) bilang tidak, visum nanti yang akan buktikan, tunggu hasil Visum keluar minggu ini,” ujarnya.

MP Nainggolan menjelaskan, bahwa Cokna dalam masa tahanan Polisi, perkara kepemilikan senjata api, ditangguhkan karena alasan sakit asma. "Seharusnya dia berobat makanya ditangguhkan, tetapi dia jual narkoba ditangkap,” jelasnya.

Berawal dari tertangkapnya "oknum" polisi pemakai narkoba berpangkat Brigadir Kepala (Bripka) inisial TS (37), lalu dikembangkan dari keterangan "oknum" polisi ini didapatkan keterangan bahwa narkoba tersebut diperoleh dari Cokna.

"Dibuka telepon genggam mereka, mau transaksi, lalu dilakukan pengejaran dan dapat, namun melawan jatuh, lari lagi, dikejar lagi dan akhirnya dapat ditangkap. Namun pas di tengah jalan dia (Cokna-red) sudah lemas dibawa ke rumah sakit meninggal dunia,” kata MP Nainggolan. (Ly Tnb)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,702,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,70,Headline,416,Hukum,824,Humbahas,341,Jakarta,220,Jambi,211,Jawa Barat,978,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,246,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,309,Meranti,12,Mukomuko,104,Musirawas,19,Nasional,2504,Nusantara,5735,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,34,Sumatera Utara,1840,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,205,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Sejumlah Warga Berorasi di Gerbang Mapolda Sumut Tuntut Keadilan, "Jangan Main-Main Sama Nyawa"
Sejumlah Warga Berorasi di Gerbang Mapolda Sumut Tuntut Keadilan, "Jangan Main-Main Sama Nyawa"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiDlfYem7x4vJhTBoJB0z-Y3QHpHNzUTyS4yR9Id_ypEplZGNxdAXqIhVIp67p6FoufS7fabs9yBx-fDPqydCG6Jif-ZI8iPs2_wFd0iWjhQxt8JIZI4H1VCS7RdrAtJ-qwo_3hFu6bfs/w640-h480/DEMO+MAPOLDA.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiDlfYem7x4vJhTBoJB0z-Y3QHpHNzUTyS4yR9Id_ypEplZGNxdAXqIhVIp67p6FoufS7fabs9yBx-fDPqydCG6Jif-ZI8iPs2_wFd0iWjhQxt8JIZI4H1VCS7RdrAtJ-qwo_3hFu6bfs/s72-w640-c-h480/DEMO+MAPOLDA.jpg
Garuda Nusantara
https://www.garudanusantara.id/2020/09/sejumlah-warga-berorasi-di-gerbang.html
https://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2020/09/sejumlah-warga-berorasi-di-gerbang.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy