src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Bupati Dairi Terima Kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

SIDIKALANG, garudanusantara.id - Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menerima kunjungan tim Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Sumatera Utara di ruang kerja Bupati Dairi. 

Tim dari BPKP Provinsi Sumatera Utara dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Sumatera Utara Yono Andi Atmoko yang hadir bersama dengan rombongan. 

Sementara itu, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam menerima kunjungan tersebut di dampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang dan Pimpinan OPD Kabupaten Dairi.

Dalam sambutannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan dalam pelaksanaan anggaran penanganan covid-19, setiap tahapan mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan terlebih dahulu dilakukan peninjauan oleh Inspektorat sehingga seluruh tahapan tahapan diharapkan berjalan dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan karena sudah dalam proses pelaksanaan dan pertanggungjawaban, maka Beliau meminta kepada seluruh OPD yang mengelola BTT sehubungan dengan penanganan covid-19 agar segera menyelesaikan pertanggungjawaban. 

“Jika sudah diselesaikan supaya menyurati Inspektorat untuk melakukan audit dan bagi yang belum agar segera menyelesaikan pertanggungjawaban,” ujar Beliau.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan sehubungan dengan pelaksanaan penanganan covid-19 yang telah dilaksanakan dan dilaporkan secara rutin dengan tepat kepada lembaga lembaga terkait, Pemerintah Kabupaten Dairi diberikan ganjaran Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat yang diserahkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

Dari 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, hanya 5 daerah yang mendapatkan dana insentif tersebut salah satunya Kabupaten Dairi. Oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terkait baik itu kepada Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi yang telah mendukung penanganan covid-19 di Kabupaten Dairi,” ucap Beliau. 

Hal selanjutnya diutarakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu adalah tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dimana sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Dairi yakni Dairi Unggul, maka salah satu parameter yang harus dipenuhi adalah terwujudnya maturitas SPIP level 3 yang juga merupakan amanat dari RPJMN tahun 2014-2019 dimana seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota wajib mencapai maturitas SPIP level 3. “Secara tidak langsung kalau itu dilakukan, jika strateginya tepat maka dampak kepada masyarakat pasti positif.

Pemerintah Kabupaten Dairi secara berkesinambungan melakukan konsultasi dan berkordinasi dengan BPKP Sumatera Utara untuk penguatan penyelenggaraan SPIP dalam rangka meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Dairi,” tutur Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara dalam kesempatan tersebut mengatakan indikasi keberhasilan SPIP diperoleh dari efektifitas dan efisiensi operasi melalui penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan capaian kinerja.

Selanjutnya lewat pengamanan aset, pelaporan keuangan serta ketaatan pada peraturan melalui laporan audit BPK dan Inspektorat. 

Sedangkan untuk unsur dari SPIP, Ia menyampaikan terdiri dari penegakan integritas dan etika, komitmen terhadap kompetensi, kepemimpinan yang kondusif, struktur organisasi yang sesuai kebutuhan, pendelegasian wewenang dan tanggung jawab, kebijakan yang sehat tentang pembinaan SDM, peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang efektif serta hubungan kerja yang baik.

Ia juga mengutarakan bahwa BPKP Perwakilan Sumatera Utara sangat bersedia membuka ruang konsultasi kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan dalam mewujudkan visi misi pemerintah Kabupaten dairi. (Vernando Nahampun)

COMMENTS

Nama

Advertorial,38,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,592,Bengkulu,178,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,322,Hukum,633,Humbahas,57,Jakarta,135,Jambi,36,Jawa Barat,555,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,175,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2048,Megapolitan,136,Meranti,10,Mukomuko,20,Musirawas,19,Nasional,2009,Nusantara,3886,Padang,2,Pagaralam,22,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,388,Rokan Hilir,78,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1123,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,57,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Bupati Dairi Terima Kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara
Bupati Dairi Terima Kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara
https://1.bp.blogspot.com/-l6h6yt3DFR0/X75lewQs5wI/AAAAAAAAK9s/3MkfhdOta1kNBZaJ9xG7UlBViWG9iutaACLcBGAsYHQ/w640-h426/IMG-20201125-WA0082.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-l6h6yt3DFR0/X75lewQs5wI/AAAAAAAAK9s/3MkfhdOta1kNBZaJ9xG7UlBViWG9iutaACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/IMG-20201125-WA0082.jpg
Garuda Nusantara
https://www.garudanusantara.id/2020/11/bupati-dairi-terima-kunjungan-kepala.html
https://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2020/11/bupati-dairi-terima-kunjungan-kepala.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy