src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Resmikan Kampung Warna dan Rumah Sampah, Bupati Ciamis Puji Kepala Desa Ciomas

CIAMIS, garudanusantara.id - Dalam acara Peresmian Kampung Warna dan Rumah Sampah, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra hadir di Dusun Baros, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Rabu (11/11/2020).

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sekertaris Dinas DPMD, Rektor Universitas Galuh, Camat Panjalu, Kepala Desa Ciomas, Tokoh Masyarakat dan diikuti masyarakat setempat.

Membuka sambutannya Bupati Ciamis apresiasi Kepala Desa Ciomas serta jajarannya karena telah mampu berinovasi dan berkreasi upaya meningkatkan pendapatan desa dengan membentuk Kampung Warna, Rumah Sampah dan Wisata Puncak Baros.

Herdiat mengatakan, Kampung Warna di Ciomas merupakan terobosan baru di Ciamis dan dapat menarik wisatawan dari dalam maupun dari luar negeri.

"Kampung warna di Dusun Baros merupakan terobosan baru di Ciamis, dengan mengecat warna-warni setiap rumah di dalam satu kampung dapat menarik pengunjung sehingga tidak menutup kemungkinan dapat menarik wisatawan dari dalam maupun dari luarnegeri," ucap Herdiat.

Bupati menambahkan, untuk lebih dikenali dan lebih menarik pengunjung, agar dibuat gerbang khusus sebagai pengenal  dan sebagai ciri khas dari kampung warna. "Supaya lebih dikenali dan lebih menarik sebaiknya di bagian depan jalan masuk dusun dibuat gerbang khusus sebagai pengenal dan ciri khas dari kampung warna," ungkapnya.

Terkait rumah sampah, Bupati Herdiat menuturkan hal tersebut dapat menjadi alternatif pengurangan sampah karena sampai saat ini sampah merupakan salah satu  masalah yang harus benar-benar disikapi dan ditangani dengan sungguh- sungguh.

"Dengan adanya rumah sampah, masyarakat mampu berkreasi dan berinovasi menjadikan sampah menjadi bernilai dan memiliki nilai jual, apalagi sampah plastik perlu waktu 30 tahun untuk sampai hancur," harapnya.

Serupa dengan rumah sampah, Kabupaten Ciamis memiliki 290 bank sampah yang tersebar di berbagai daerah. Diketahui, selain Peresmian Kampung Warna dan Rumah Sampah dalam kesempatan tersebut juga diadakan penanaman pohon di salah satu destinasi wisata di tempat tersebut yakni Puncak Baros.

Bupati mengajak masyarakat untuk sama-sama menciptakan masyarakat yang ramah lingkungan, masyarakat yang menyadari pentingnya lingkungan serta memelihara budaya gotong royong.

"Beberapa waktu lalu terjadi bencana banjir dan longsor di Banjarsari, setelah ditelusuri bencana tersebut akibat hutannya yang gundul dan sungai yang dangkal dan tersumbat akibat kebiasaan masyarakat  membuang sampah ke sungai," jelasnya.

"Kita wajib berupaya agar kejadian tersebut tidak terulang lagi, kita harus sama-sama menjaga lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, jika kita jaga alam maka alam akan menjaga kita," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ciomas sekaligus Ketua Apdesi Kabupaten Ciamis Yoyo Wahyono mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Ciamis karena berkenan hadir dalam acara tersebut.

Yoyo mengatakan, Desa Ciomas merupakan salah satu desa yang memiliki potensi yang luar biasa, ia berharap pemerintah kabupaten melalui dinas pariwisata dapat mendorong kemajuan potensi tersebut. Selanjutnya ia melaporkan di Desa Ciomas terdapat 11 Dusun, 44 RT 20 RW dengan jumlah penduduk kurang lebih 9.000 orang.

"Meski dengan jumlah penduduk yang besar, Desa Ciomas bisa berkembang dan tidak tertinggal oleh desa yang lain. Salah satunya berkat potensi desa dan sebagian besarnya berkat bantuan pemerintah melalui pembangunan desa," pungkasnya. (Agus K)

COMMENTS

Nama

Advertorial,38,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,592,Bengkulu,178,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,322,Hukum,636,Humbahas,57,Jakarta,140,Jambi,36,Jawa Barat,559,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,175,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2049,Megapolitan,141,Meranti,10,Mukomuko,21,Musirawas,19,Nasional,2023,Nusantara,3899,Padang,2,Pagaralam,23,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,388,Rokan Hilir,78,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1123,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,57,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Resmikan Kampung Warna dan Rumah Sampah, Bupati Ciamis Puji Kepala Desa Ciomas
Resmikan Kampung Warna dan Rumah Sampah, Bupati Ciamis Puji Kepala Desa Ciomas
https://1.bp.blogspot.com/-GwjW7icHoXk/X6y64BclLtI/AAAAAAAAKp0/ZE66PN4md6sWD5iTfpTcF3BfoA0vgRsUQCLcBGAsYHQ/w640-h426/CIOMAS%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GwjW7icHoXk/X6y64BclLtI/AAAAAAAAKp0/ZE66PN4md6sWD5iTfpTcF3BfoA0vgRsUQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/CIOMAS%2B1.jpg
Garuda Nusantara
https://www.garudanusantara.id/2020/11/resmikan-kampung-warna-dan-rumah-sampah.html
https://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2020/11/resmikan-kampung-warna-dan-rumah-sampah.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy