src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Kanwil Kemenkumham Sumut bersama Ditjen Kekayaan Intelektual Tingkatkan Perlindungan Hukum terhadap Hak Cipta Lagu dan Musik

MEDAN, garudanusantara.id - Dalam rangka meningkatkan perlindungan Kekayaan Intelektual terkhusus dalam bidang Hak Cipta, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara menyelenggarakan Kegiatan Kerjasama Pemantauan/Pengawasan Kekayaan Intelektual Dengan Instansi Terkait dengan menggandeng  Ditjen Kekayaan Intelektual, Ketua KCI dan Polda Sumut, yang bertempat di Hotel Emerald Garden Medan. (Rabu,15/09/2021).

Dengan mengambil tema "Perlindungan Hukum Terhadap Pencipta Lagu", kegiatan ini dibuka langsung oleh Kakanwil Sumut Imam Suyudi didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Purwanto.

Kakanwil Sumut menyampaikan bahwa Hak cipta merupakan salah satu Hak Kekayaan Intelektual yang dalam perkembangannya terdapat banyak pelanggaran yang dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai hak cipta. 

Dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta diketahui bahwa hak-hak bagi pencipta lagu dan musik dapat meliputi hak moral (moral right) dan hak ekonomi (economic right). 

Hak Moral yang secara umum melindungi suatu ciptaan dari perubahan yang dilakukan oleh orang lain, di mana hak ini hanya dimiliki oleh pencipta saja. Sedangkan, Hak Ekonomi adalah hak untuk mendapatkan manfaat ekonomi atas suatu karya ciptanya, di mana hak ini dimiliki oleh pencipta dan pemegang hak cipta.

Terkhusus untuk Hak Cipta lagu adalah hak eksklusif Pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu lagu dapat didengar. Hak Cipta lagu lahir secara otomatis bukan pada saat lagu tersebut selesai direkam, akan tetapi hak cipta lagu lahir secara otomatis pada saat lagu tersebut sudah bisa didengar, dibuktikan dengan adanya notasi musik dan atau tanpa syair. 

Lebih lanjut Kakanwil Sumut menyampaikan bahwa Perlindungan hukum terhadap hak cipta lagu dan musik secara tegas dinyatakan di dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, namun penegakan dari Undang-Undang tersebut belum berjalan efektif. 

Karena masih terbukti dengan banyaknya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di internet khususnya pada hak cipta lagu dan musik. Hal ini disebabkan karena masyarakat masih kurang mengetahui akan Undang-Undang Hak Cipta yang melindungi karya cipta lagu dan musik serta perbuatan-perbuatan apa saja yang dilarang oleh Undang-Undang tersebut, selain itu masih kurangnya sosialisasi serta penegakan hukum atas pelanggaran-pelanggaran yang terjadi. Penegakan hak cipta lagu dan musik dapat dilakukan dengan cara penegakan hukum melalui hukum perdata, administrasi negara maupun hukum pidana terhadap pelaku pelanggaran hak cipta lagu dan musik. 

"Perlindungan Kekayaan Intelektual berupa hak cipta membutuhkan komitmen dan kemauan yang kuat dari semua pihak baik aparat penegak hukum, pemerintah, perguruan tinggi, masyarakat, maupun para pemangku kepentingan terkait lainnya, agar menjadi faktor kunci pertumbuhan ekonomi dalam menghadapi pasar bebas.

Saya berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam perlindungan dan pemanfaatan hak cipta lagu, dan jika ada pelanggaran terhadap hak cipta agar segera melaporkannya,” tutup Kakanwil Sumut. 

Kegiatan ini mengundang narasumber dari Kasubdit Pencegahan dan Penyelesaian Sengketa DJKI Ahmad Rifadi, perwakilan Poldasu Kompol Malto Datuan, perwakilan dari Karya Cipta Indonesia (KCI), Ketua KCI Dharma Oratmangun secara virtual dan Erucakra Mahameru secara langsung.

Bertindak sebagai moderator Dekan Fakultas Sosial Sains Universitas Panca Budi Dr. Onny Medaline. Dengan peserta berasal dari Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan Niaga, PAPPRI, PPHRI, KCI, Serikat Musisi Indonesia, APPARA Indonesia, Advokat, Forum Backstagers Indonesia, ASETI Sumut, ISTARMED, Forum Kesenian Medan serta pelaku usaha. (Ly Tinambunan/hum)

COMMENTS

Nama

Advertorial,38,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,592,Bengkulu,178,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,322,Hukum,636,Humbahas,57,Jakarta,138,Jambi,36,Jawa Barat,556,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,175,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2049,Megapolitan,139,Meranti,10,Mukomuko,21,Musirawas,19,Nasional,2016,Nusantara,3893,Padang,2,Pagaralam,23,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,388,Rokan Hilir,78,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1123,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,57,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Kanwil Kemenkumham Sumut bersama Ditjen Kekayaan Intelektual Tingkatkan Perlindungan Hukum terhadap Hak Cipta Lagu dan Musik
Kanwil Kemenkumham Sumut bersama Ditjen Kekayaan Intelektual Tingkatkan Perlindungan Hukum terhadap Hak Cipta Lagu dan Musik
https://1.bp.blogspot.com/-31WkQOMb5o0/YUIKbXN_B0I/AAAAAAAAN7M/L-KkmH-dwtApyn1d59wWwQqiFINmKVTKQCLcBGAsYHQ/w640-h426/KEMENKUMHAM.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-31WkQOMb5o0/YUIKbXN_B0I/AAAAAAAAN7M/L-KkmH-dwtApyn1d59wWwQqiFINmKVTKQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/KEMENKUMHAM.jpg
Garuda Nusantara
https://www.garudanusantara.id/2021/09/kanwil-kemenkumham-sumut-bersama-ditjen.html
https://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2021/09/kanwil-kemenkumham-sumut-bersama-ditjen.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy