src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Peserta Didik SMPN 182 Jakarta Diberikan Pemahaman sebagai Pelajar Pancasila

JAKARTA, garudanusantara.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya mewujudkan agar para generasi muda di Indonesia menjadi pelajar Pancasila. Sebab, pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Hal itu dikemukakan Kepala Sekolah SMPN 182 Jakarta Satimin SPd sebagai saat ditemui wartawan di ruang kerjanya disela-sela Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, Senin (11/10/2021). “Kami akan memberikan Pemahaman dan Arti Pelajar Pancasila kepada peserta didik SMPN 182 Jakarta untuk bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari hari,” ungkap Satimin SPd.

Adapun Pelajar Pancasila yang dimaksud yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Ditambahkannya, Pelajar Pancasila memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia adalah akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.

Selain itu, Pelajar Indonesia mempertahankan kebudayaan luhur, lokalitas, dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Perilaku pelajar Pancasila ini menumbuhkan rasa saling menghargai dan memungkinkan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Elemen kunci berkebinekaan global adalah mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan

Selanjutnya, Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan pelajar Pancasila untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen kunci gotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

Kemudian, Pelajar Indonesia adalah pelajar mandiri, yaitu pelajar Pancasila yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci mandiri adalah kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi dan regulasi diri.

Dalam memahaminya, Pelajar yang bernalar kritis adalah pelajar Pancasila yang mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya.

Elemen kunci bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil keputusan.

Selain itu, Pelajar yang kreatif adalah pelajar Pancasila yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci kreatif adalah menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya serta tindakan yang orisinal.

Satimin SPd  juga menambahkan, kegiatan di SMPN 182 Jakarta pada waktu-waktu tertentu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan diiringi musik melalui speaker dari ruangan yang bisa didengarkan ke seluruh lingkungan sekolah dan wajib yang hadir, baik siapapun  memberikan penghormatan dengan berdiri sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya hingga selesai. “Hal itu bertujuan untuk menambah nilai Nasionalis yang kuat dan cinta terhadap Negara Indonesia,” tutup Satimin. (Niko Sinaga)

COMMENTS

Nama

Advertorial,40,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,592,Bengkulu,179,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,331,Hukum,654,Humbahas,60,Jakarta,142,Jambi,39,Jawa Barat,576,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,175,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2069,Megapolitan,153,Meranti,11,Mukomuko,30,Musirawas,19,Nasional,2064,Nusantara,3973,Padang,2,Pagaralam,26,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,389,Rokan Hilir,78,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1134,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,58,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Peserta Didik SMPN 182 Jakarta Diberikan Pemahaman sebagai Pelajar Pancasila
Peserta Didik SMPN 182 Jakarta Diberikan Pemahaman sebagai Pelajar Pancasila
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgKRKdvOmBLIjvXUd74p_Iw4dEzsT9UZPN0-WDklvp01hJlXdrBsWjPrvG8_TkEnyoNNfb6ZzRVD65MYvNGvhb8G2CblW2mGv453Ips6P04QUtDrr_3JvRlzMYLhpR_JmjeEqYbRLHIltq-7ZDYVd3bn-FEu9TuDsfottNQThliXjF1QHfiwJJEB0gI=w640-h296
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgKRKdvOmBLIjvXUd74p_Iw4dEzsT9UZPN0-WDklvp01hJlXdrBsWjPrvG8_TkEnyoNNfb6ZzRVD65MYvNGvhb8G2CblW2mGv453Ips6P04QUtDrr_3JvRlzMYLhpR_JmjeEqYbRLHIltq-7ZDYVd3bn-FEu9TuDsfottNQThliXjF1QHfiwJJEB0gI=s72-w640-c-h296
Garuda Nusantara
https://www.garudanusantara.id/2021/10/peserta-didik-smpn-182-jakarta.html
https://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2021/10/peserta-didik-smpn-182-jakarta.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy