src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Jembatan Gantung Pondok Lunang Jebol, Pemkab Tanggap Langsung Turun Lapangan

MUKOMUKO, garudanusantara.id - Jembatan gantung pondok lunang yang merupakan akses penyeberangan masyarakat Pondok Lunang menuju Desa Mekar mulia jebol saat sebuah mobil pick up pengangkut kelapa sawit sedang melewati jembatan itu. Dimana, salah satu besi  bantalan papan patah sehingga mengakibatkan mobil pick up pengangkut sawit  tercebur ke sungai dan Gunawan (30) selamat dari kejadian tersebut, Kamis (10/02/2022).

Jembatan gantung Pondok Lunang ini merupakan akses bagi tiga desa yaitu Desa Air Dikit, Desa Pondok Lunang, dan Desa Dusun Baru V Koto. Dengan putusnya jembatan ini membuat akses masyarakat untuk ke perkebunan sawit lumpuh total. Oleh karena itu, sesegera mungkin ditangani agar tidak mengakibatkan kerugian yang besar bagi petani. Apalagi, hampir 80 persen warga Pondok Lunang berkebun di seberang sungai dengan mengangkut hasil pertanian melalui jembatan gantung tersebut.

Ketika dikonfirmasi kepada Kepala Desa Pondok Lunang Burhan Dahri menyampaikan akan segera melakukan tindakan agar nantinya masyarakat bisa tetap lewat  dari jembatan itu. Namun, untuk mobil tidak bisa lagi karena dikhawatirkan besi jembatan sudah banyak yang keropos.

"Jembatan gantung Pondok Lunang sudah berumur kurang lebih 15 tahun, ini harus segera diganti. Sayapun sudah pernah mengajukan proposal untuk pembuatan jembatan baru. Sebab, jembatan ini  untuk akses  bagi masyarakat kami menuju jalan perkebunan dan sebaliknya mengangkut hasil-hasil perkebunan warga kami," ujar Burhan Dahri.

Burhan Dahri berharap kepada pemerintah daerah yakni Bupati dan DPRD untuk memikirkan jembatan gantung ini, sebab kalau tidak segera diganti dapat membuat ekonomi masyarakat di tiga desa itu lumpuh.

“Kami berharap pemerintah daerah bisa memberi solusi yang terbaik untuk bisa mengaktifkan akses masyarakat kami untuk bisa mengeluarkan hasil panennya. Mudah-mudahan pemerintah daerah bisa memperbaiki sehingga tidak ada korban selanjutnya seperti ini,” harap Burhan Dahri.

Ketika dikonfirmasi Plt Kadis PUPR Ruri Irwandi ST MT melalui Kabid Bina Marga Budiarto menanggapi atas jebolnya jembatan gantung Pondok Lunang itu dan langsung turun langsung ke lapangan. Dikatakannya, akan sesegera mungkin berkoordinasi dengan Sekda dan nanti didampingi Camat Air Dikit agar secepatnya dicarikan solusi supaya nantinya masyarakat bisa menyeberangi sungai tersebut.

Kabid BM  Budiarto mengatakan, untuk sementara alat penyeberangan yang akan digunakan agar bisa menyeberang akan  membuat  ponton supaya masyarakat bisa melakukan aktivitas seperti biasa ke kebun-kebun di seberang jembatan.

Menurutnya, apabila jembatan itu dibuat baru diperkirakan akan menelan biaya sekita Rp30 milliar. Hal itu dikatakannya saat melihat kondisi jembatan sudah tua dan sudah waktunya untuk diganti. 

Sementara itu, Ketua BPD Burzan didampingi Sekdes Pondok Lunang Radius mengatakan bahwa jembatan gantung itu dibangun pada tahun 2007 pada masa Bupati Ichwan Yunus dengan dana kurang lebih Rp1,5 milliar. Dimana, bentang jembatan gantung itu kurang lebih 80 meter. “Jembatan itu sudah lama sekali, besi-besinya sudah mulai keropos. Kalau papan  bantalannya itu sering diganti, tapi kualitas papannya kurang bagus sehingga tidak lama dan akan rusak lagi," ujarnya.

Saat ini masyarakat kebingungan untuk menyeberang sungai, soalnya masyarakat sudah tidak memiliki rakit dan alat penyeberangan yang lain. Salah satu alternatif lain dengan menempuh jalan lewat  Desa Mekar Mulia kurang lebih 25 Km.

Demikian juga untuk mengeluarkan hasil perkebunan masyarakat d seberang harus melewati Desa Mekar Mulia itu. "Itulah tadi juga sudah bincang-bincang dengan Kabid Bina Marga agar segera dibuat ponton sebagai alat penyeberangan sementara agar masyarakat tidak jauh keliling untuk menyeberang," sampai Burzan. 

Ketika ditanya rencana pembangunan jembatan yang baru, harus benar-benar dikawal dengan baik. Apabila nanti diajukan dari desa kepada Dinas PU Mukomuko harus didampingi terus, agar nanti penganggarannya benar-benar disetujui dewan.

Soalnya saat ini juga banyak jembatan di Kabupaten Mukomuko yang sudah tua  dan butuh perhatian juga. "ini harus ada yang kawal pengajuan pembangunan jembatan yang baru nanti. Kalau tidak, bisa-bisa pindah ke tempat lain. Yang jelas Jembatan itu sangat penting sekali bagi Desa Pondok Lunang dan sekitarnya, sebab menjadi urat nadi perekonomian masyarakat kita," ujar Burzan. (MTH) 

COMMENTS

Nama

Advertorial,46,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,605,Bengkulu,189,Bengkulu Selatan,30,Cikarang,66,Headline,335,Hukum,694,Humbahas,78,Jakarta,154,Jambi,59,Jawa Barat,642,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,176,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2075,Megapolitan,180,Meranti,11,Mukomuko,61,Musirawas,19,Nasional,2308,Nusantara,4448,Padang,2,Pagaralam,31,Pekanbaru,11,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,196,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1290,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,58,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,51,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Jembatan Gantung Pondok Lunang Jebol, Pemkab Tanggap Langsung Turun Lapangan
Jembatan Gantung Pondok Lunang Jebol, Pemkab Tanggap Langsung Turun Lapangan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjoojdmM3RjvrVlCMO3zrHdAwdIv7a1TL6-vEajkl3bHdCd4OPqkzeKsxkSw7B_WDSsHnXf6FKTdv-JIYOwNArhCgfujhq8JO4pSsAoSCiGstX17KW39wUyxDQLNOWlo2Nv5HMrID_zx--o5GQiO5Clo2IKuZVlxCOAeHsIDFGrIwjwWbxSpe4ned_q=w640-h480
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjoojdmM3RjvrVlCMO3zrHdAwdIv7a1TL6-vEajkl3bHdCd4OPqkzeKsxkSw7B_WDSsHnXf6FKTdv-JIYOwNArhCgfujhq8JO4pSsAoSCiGstX17KW39wUyxDQLNOWlo2Nv5HMrID_zx--o5GQiO5Clo2IKuZVlxCOAeHsIDFGrIwjwWbxSpe4ned_q=s72-w640-c-h480
Garuda Nusantara
https://www.garudanusantara.id/2022/02/jembatan-gantung-pondok-lunang-jebol.html
https://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2022/02/jembatan-gantung-pondok-lunang-jebol.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy