src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Sedia Payung Sebelum Hujan, Bupati Tapanuli Utara Resmikan Therapeutic Feeding Centre

TAPANULI UTARA, garudanusantara.id - Pentingnya kesehatan anak menjadi salah satu prioritas orang tua. Balita yang sehat tentu menjadi keinginan semua orang tua di dunia. Namun, ditengah keinginan semua orang tua tersebut, nyata nya masih ada anak yang menderita gizi buruk. Kabupaten Tapanuli Utara salah satunya yang memiliki angka anak yang menderita gizi buruk sebanyak 27 orang, seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Utara saat Peresmian Therapeutic Feeding Centre. 

Maka sebagai upaya penanggulangan dan pencegahan meningkatnya jumlah kasus Gizi Buruk di Tapanuli Utara, Bupati  Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si meresmikan gedung Therapeutic Feeding Centre (Pusat Pemulihan Gizi),  di Puskesmas Siborong-borong pada Kamis, (07/04/2022).

Therapeutic Feeding Centre atau Pusat Pemulihan Gizi ini merupakan pusat pemulihan gizi buruk dengan perawatan serta pemberian makanan anak secara intensif sesuai usia dan kondisinya yang melibatkan peran serta orangtua.

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Forkopimca, Kadis Kesehatan dan beberapa pimpinan OPD terkait bersama-sama hadir dalam peresmian Therapeutik Feeding Centre (TFC) / Pusat Pemulihan Gizi Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2022 sekaligus peresmian Fasilitas kesehatan rumah dinas, pustu dan poskesdes di Kabupaten Tapanuli Utara.

Bupati Nikson Nababan menjelaskan bahwa pembentukan TFC ini bertujuan untuk melaksanakan tata laksana gizi buruk/ intervensi spesifik dalam penanggulangan stunting, meningkatkan penanganan gizi buruk, menurunkan angka kematian akibat gizi buruk, mendekatkan pelayanan pada masyarakat dan memperbaiki serta meningkatkan status gizi balita. 

"Pemerintah Daerah telah mengucurkan dana yang besar untuk mengatasi masalah gizi di Kabupaten Tapanuli Utara terutama masalah gizi kurang, gizi buruk dan stunting pada balita, yaitu dalam bentuk pemberian makanan tambahan, multivitamin, pengadaan alat antropometri dan pembentukan pusat pemulihan gizi ini," ujar Bupati Nikson Nababan.

Selanjutnya Bupati menyampaikan pemulihan gizi ini diharapkan dapat memberikan intervensi secara maksimal agar dapat menurunkan angka kematian balita akibat gizi buruk dan menurunkan angka prevelensi stunting di Kabupaten Tapanuli Utara sehingga dihasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. 

"Saya harapkan semua pihak mengambil bagian dan menjadi tanggung jawab bersama dalam upaya penanggulangan stunting, gizi kurang dan gizi buruk di Kabupaten Tapanuli Utara terutama orangtua Balita harus mengambil peran utama dalam upaya pemulihan gizi pada balita," ujar Bupati menambahi. 

Bupati Nikson Nababan juga berharap agar petugas kesehatan lebih meningkatkan kinerja dan kapasitasnya dalam mendeteksi dini status gizi balita terutama gizi kurang, gizi buruk dan stunting melalui pemantauan pertumbuhan berat badan dan tinggi badan di Posyandu setiap bulannya. Petugas kesehatan harus mampu memberikan data yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. 

"Harapan saya pusat pemulihan gizi ini semakin berinovasi dan berkembang, di mana saat ini hanya menjadi pusat rujukan dari semua Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara, untuk dikemudian hari dapat menjadi pusat rujukan bagi Kabupaten lain. Mari kita sama-sama mewujudkan visi Kabupaten Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan lumbung sumber daya manusia yang berkualitas serta daerah tujuan wisata. Terima kasih kepada semua pihak yang telah ambil bagian dalam upaya pembentukan TFC ini," ujar Bupati mengakhiri. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Alexander Gultom, S.KM., M.KM memberikan laporannya. Beliau melaporkan bahwa jumlah gizi buruk dengan atau tanpa penyakit penyerta/komplikasi pada tahun 2022 adalah sebanyak 27 orang dan diharapkan Pembentukan TFC Pusat Pemulihan Gizi ini dapat memberikan intervensi secara maksimal. 

"Maka setelah diresmikannya Pembentukan Theraupetik Feeding Centre (TFC) ini agar Semua petugas kesehatan lebih sensitive dan serius dalam mendeteksi atau memantau pertumbuhan dan perkembangan balita di wilayah kerja terutama di kegiatan posyandu setiap bulannya serta tetap menghimbau masyarakat agar tetap membawa balita ke posyandu setiap bulan dengan mengikutsertakan/ melibatkan lintas sektor dan kader," tutur Alexander Gultom. 

Ada pun Fasilitas kesehatan rumah dinas, pustu dan poskesdes di Kabupaten Tapanuli Utara yang diresmikan antara lain adalah Poskesdes Lobusingkam, Poskesdes Lumbanjulu Kecamatan Pagaran, Poskesdes Sigotom Timur, Rumah Dinas Dokter Puskesmas Paniaran, Poskesdes Pokki, Puskesmas Pembantu Banuarea, Puskesmas Pembantu Pagar Batu, Poskesdes Lumbanjulu Lobu Siregar dan Poskesdes Sitapongan. (DRB)

COMMENTS

Nama

Advertorial,46,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,605,Bengkulu,189,Bengkulu Selatan,30,Cikarang,66,Headline,335,Hukum,694,Humbahas,78,Jakarta,154,Jambi,59,Jawa Barat,642,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,176,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2075,Megapolitan,180,Meranti,11,Mukomuko,61,Musirawas,19,Nasional,2306,Nusantara,4445,Padang,2,Pagaralam,31,Pekanbaru,11,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,195,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1288,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,58,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,51,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Sedia Payung Sebelum Hujan, Bupati Tapanuli Utara Resmikan Therapeutic Feeding Centre
Sedia Payung Sebelum Hujan, Bupati Tapanuli Utara Resmikan Therapeutic Feeding Centre
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiibhbWYlyykXBQZ_SyWlF3etJMwRj9uTFjbpiwLyE7ivKf4ogIRiaU844ba7klyPwy2HW2SllRcf_gW2r6xOd56R_Ny4oYRXCifT4Y0G5W7cr9VcBBnUbtr0GSZSamum9IDlrScstD6PYqhevtVjfIIwgVyJ1ruwCNnRajI750LFDxdLVeZf0taAdD/w640-h426/RESMIKAN.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiibhbWYlyykXBQZ_SyWlF3etJMwRj9uTFjbpiwLyE7ivKf4ogIRiaU844ba7klyPwy2HW2SllRcf_gW2r6xOd56R_Ny4oYRXCifT4Y0G5W7cr9VcBBnUbtr0GSZSamum9IDlrScstD6PYqhevtVjfIIwgVyJ1ruwCNnRajI750LFDxdLVeZf0taAdD/s72-w640-c-h426/RESMIKAN.jpg
Garuda Nusantara
https://www.garudanusantara.id/2022/04/sedia-payung-sebelum-hujan-bupati.html
https://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2022/04/sedia-payung-sebelum-hujan-bupati.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy