src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Presiden Jokowi Murka Gegara Barang Impor, 3 Menteri Ini Kena Semprot

JAKARTA, garudanusantara.id - Masyarakat Indonesia sangat mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang lebih memprioritaskan produk dalam negeri utamanya dalam hal pengadaan barang dan jasa. Presiden memberi teguran keras pada Kementrian Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri BUMN Erick Tohir karena instansinya masih menggunakan produk impor dalam jumlah tinggi.

Menurut Presiden barang-barang impor yang digunakan untuk kegiatan operasional di kementerian, sudah semuanya bisa diproduksi di dalam negeri.

Dukungan terhadap langkah Presiden Jokowi itu datang dari penggiat, yang sekaligus masyarakat pecinta produk dalam negeri yakni Hilman Suryawijaya.SE.MM. pria ini dinilai aktif mengakomodir aspirasi para pengrajin produk lokal. Karena Hilman merupakan pembina produk dalam negeri. Selain juga membina anak-anak panti asuhan yang dikerjakan melalui potensi dan kreatifitasnya, yang bekerja sama dengan masyarakat dan para pengusaha produk dalam negeri. Selama sepuluh tahun belakangan ini, Hilman sudah gencar menggaungkan pecinta produk dalam negeri.

Hilman mengaku kecewa terhadap pihak Kementerian RI, yang membidangi produk dalam negeri lebih cenderung mengutamakan barang-barang impor. Banyak potensi anak bangsa yang mampu menciptakan barang-barang produk dalam negeri, akan tetapi sayangnya kreatifitas ini tidak dimanfaatkan secara positif oleh pemerintah.

Aspirasi masyarakat pecinta produk dalam negeri di apresiasi Jokowi, tak heran jika Presiden meminta kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP) Roni Dwi Susanto untuk memprioritaskan produk dalam negeri. Saya minta kepala LKPP memprioritaskan produk komponen lokal sangat tinggi, agar didahulukan produk-produk dalam negeri ujar Jokowi baru-baru ini.

System' pengadaan barang dan jasa harus mampu menghasilkan nilai tambahan tinggi bagi masyarakat, untuk itu pengadaan barang dan jasa pemerintah harus dapat memprioritaskan penggunaan produk-produk dalam negeri, terutama UMKM. Hal tersebut disampaikan oleh presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, secara virtual dari istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat belum lama ini.

"Prioritaskan untuk membeli produk-produk dalam negeri, khususnya produk UMKM pada belanja kementerian, belanja Lembaga, belanja di Pemerintah daerah tingkatkan sebesar-besarnya angka TKDN" kata Presiden. Peningkatan TKDN ujarnya, harus dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan, bukan sekedar pelengkap syarat dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Pembelian produk dalam negeri dan peningkatan TKDN lanjutnya, akan menciptakan multiplier effec yang besar terhadap pergerakan ekonomi di daerah maupun nasional. "Jutaan tenaga kerja dan keluarganya juga menggantungkan hidupnya, pada keberlangsungan industri dalam negeri dan sektor UMKM kita " tutur Presiden. (Benget Butarbutar)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,705,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,70,Headline,419,Hukum,825,Humbahas,342,Jakarta,227,Jambi,217,Jawa Barat,983,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,247,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,316,Meranti,12,Mukomuko,104,Musirawas,19,Nasional,2509,Nusantara,5748,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,34,Sumatera Utara,1841,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,211,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Presiden Jokowi Murka Gegara Barang Impor, 3 Menteri Ini Kena Semprot
Presiden Jokowi Murka Gegara Barang Impor, 3 Menteri Ini Kena Semprot
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYdenzcBVsn_96t9EpLGp0vUUvBDY2sPFxtJ8uaBsW0lr7MHXLNHjUo-_pgjRku1Z9KGeiIU0YQXSZvUBHEjruglDyx0tGYbhpm4QH1-q3hNYT-RSlJQfVE_xKKXhtgouLCausUOIYJgeD6N9TlhWFhf6zSb95_mvFCkwTxs2o4S5SczIU_-xucF8O/w520-h640/MURKA.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYdenzcBVsn_96t9EpLGp0vUUvBDY2sPFxtJ8uaBsW0lr7MHXLNHjUo-_pgjRku1Z9KGeiIU0YQXSZvUBHEjruglDyx0tGYbhpm4QH1-q3hNYT-RSlJQfVE_xKKXhtgouLCausUOIYJgeD6N9TlhWFhf6zSb95_mvFCkwTxs2o4S5SczIU_-xucF8O/s72-w520-c-h640/MURKA.jpg
Garuda Nusantara
https://www.garudanusantara.id/2022/07/presiden-jokowi-murka-gegara-barang.html
https://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2022/07/presiden-jokowi-murka-gegara-barang.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy