src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir XIX

SAMOSIR, garudanusantara.id - Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir XIX di Kompleks Kantor Bupati Samosir, Senin (27/2/2023). 

Perayaan Hari Jadi XIX dengan Thema "Integritas dan Profesionalisme Untuk Mewujudkan Samosir Sejahtera dan Bermartabat Secara Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan". Hadir dalam acara, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang dan istri, Ketua DPRD Kabupaten Samosir Sorta E. Siahaan, Gubsu diwakili Staf Ahli Gubsu Bidang Ekonomi Pembangunan, Keuangan ,Asset dan SDA Harianto Butar-butar, Ketua Pengadilan Negeri Balige, Evelyne Napitupulu, Wakil Bupati Samosir periode 2016-202, Juang Sinaga, Mantan Bupati Samosir Mangindar Simbolon (2005-2015), Pj. Bupati Samosir 2016 Anthony Siahaan, Pabung 0210 TU , G.Sebayang, pimpinan OPD, para Camat, FKTM, lembaga Adat serta, Ormas/OKP, Perwakilan Tokoh Masyarakat dari 9 Kecamatan. Hadir Juga DPR RI Fraksi Nasdem , Martin Manurung, DPR RI  Fraksi Golkar Lamhot Sinaga, DPRD Sumut, Tangkas M. Lumbantobing. 

Perayaan yang dilaksanakan secara sederhana  dan mematuhi protokol kesehatan Covid 19 ditandai dengan pemotongan kue ulang Tahun oleh Bupati Samosir dan Wakil Bupati Samosir disaksikan Forkopimda,  Mantan Bupati dan Wakil Bupati Samosir serta seluruh tamu undangan dilanjutkan dengan pembagian kue kepada tamu undangan dan Camat se-Kabupaten Samosir.

"Dirgahayu Kabupaten Samosir XIX kepada segenap masyarakat kabupaten samosir dimanapun berada, mari kita selalu bergandengan tangan untuk percepatan pencapaian visi kabupaten samosir, yaitu “terwujudnya masyarakat samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, pendidikan dan kesehatan,” kata Bupati Samosir Vandiko T. Gultom. 

Tak luput, Bupati Samosir menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pemrakarsa Kabupaten Samosir dan mantan Bupati/Wabup, mantan penjabat yang sudah melaksanakan pembangunan di Kabupaten Samosir. 

Lebih lanjut disampaikan, Perayaan hari jadi kabupaten samosir XIX tahun 2023, sebagai ungkapan syukur kepada Yang Maha Kuasa, atas penyertaan Tuhan dalam sembilan belas tahun perjalanan kabupaten samosir. Melihat masa lalu sebagai sebuah rantai sejarah, sebagai fondasi yang sangat bernilai untuk refrensi menapaki masa kini dan masa depan. Perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir sebagai salah satu sarana untuk melihat perjalanan kehidupan yang dapat dimaknai untuk menjawab persoalan dan tantangan ke depan, dengan demikian akan dapat Merancang sebuah formula masa depan berdasarkan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu.

Dalam Pidatonya, Bupati Samosir menyampaikan beberapa keberhasilan penyelenggaraan pemerintah Kabupaten Samosir, pertama dalam bidang kesehatan  meraih penghargaan universal health coverage (UHC) dimana 139,041 jiwa atau mencapai 97,7%   masyarakat kabupaten samosir telah mendapatkan jaminan kesehatan melalui BPJS kesehatan. Penambahan fasilitas pelayanan unit Haemodialisis di RSUD dr. Hadrianus Sinaga, sehingga para pasien gagal ginjal tidak perlu lagi melakukan cuci darah keluar kota. 

Kedua, Kabupaten Samosir berhasil menurunkan angka stunting sebesar 2,1 persen dari angka 28,4 persen menjadi 26,3 persen. Memperoleh penghargaan kabupaten layak anak (KLA) kategori pratama dari kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Ketiga, dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus mendengarkan secara langsung aspirasi dan keluhan masyarakat, Bupati/Wakil Bupati Samosir telah menjalankan program bupati/ wakil bupati berkantor di desa atau yang disebut bunga desa, yang disertai dengan pemberian pelayanan, diantaranya pelayanan adiminstrasi kependudukan, pelayanan perizinan, pelayanan kesehatan, pemberian bantuan bibit, melakukan pelatihan pembuatan pupuk kompos organik cair maupun padat, dan pelayanan lain.

Keempat, Pembangunan jembatan Tano Ponggol, saat ini sudah memasuki tahap finishing, dengan harapan bila nanti pembangunannya telah selesai akan menambah daya saing pariwisata di Kabupaten Samosir sekaligus sebagai objek wisata baru untuk meningkatkan pendapatan ekonomi yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kelima, Pemerintah kabupaten samosir telah membangun gedung pengujian kendaraan bermotor di desa partungko naginjang kecamatan harian diatas lahan 4000 m2 dengan biaya rp.1,5 m bersumber dari APBD Kabupaten Samosir tahun anggaran 2022. 

Keenam, Pemerintah Kabupaten Samosir telah berhasil menyusun dokumen master plan rencana induk pertanian tahun 2024-2028, dan selanjutnya akan ditetapkan melalui peraturan daerah. Berhasil meraih prestasi, yaitu masuk nominasi pada penghargaan pembangunan daerah tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemeterian PPN-Bappenas dengan program “pangula nature”. Pemerintah Kabupaten Samosir berhasil menciptakan (membuat) kawasan pertanian terpadu dengan luas 2500 ha yang berlokasi di kawasan tele desa hariara pintu kecamatan harian dan pada tanggal 28 februari 2023 akan dilakukan penanaman perdana yaitu cabai merah; kentang dan jenis sayur lainnya oleh menteri pertanian sebagai tahap pertama dengan luas di atas lahan 65 ha dan dikelola oleh 7 kelompok tani. Peringkat kelima penyuluh pertanian lapangan (PPL) teladan tingkat Provinsi Sumatera Utara, atas nama Avelina sitepu.

Ketujuh, Dalam bidang pertanahan yang diselenggarakan oleh Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir berhasil meraih piagam penghargaan dari kantor wilayah badan pertanahan nasional Provinsi Sumatera Utara atas prestasi pengurangan BPHTB/BPHTB nihil pada kegiatan PTSL/redistribusi tanah tahun 2022. Disamping itu, Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Samosir melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) telah memberikan 1500 bidang sertifikat asset, 1000 bidang sertifikat asset program redistribusi tanah  sebagai tindaklanjut tora, serta telah menerbitkan 9 sertifikat asset Pemerintah Kabupaten Samosir, 2 sertifikat asset Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, serta meningkatkan pendapatan asli daerah sebesar 4.1 M melalui BPHTB pada tahun 2022.

Kedelapan, Proses pengadaan barang/jasa dengan sistem tender, telah dimulai pada bulan ini untuk beberapa jenis paket pekerjaan, diantaranya lanjutan pembangunan jalan strategis kabupaten yang pendanaannya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK), percepatan proses pengadaan barang/jasa pada tahun anggaran 2023, ditargetkan penyelesaiannya sampai dengan bulan juli tahun 2023.

Kesembilan, Pemerintah Kabupaten Samosir berhasil meraih predikat “b” serta berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2022 dari  Badan Pemeriksa keuangan Republik Indonesia.

Kesepuluh, Pada bidang pengembangan UMKM , Pemerintah Kabupaten samosir telah melakukan pelatihan sirat tenun kepada 30 (tiga puluh) orang pelaku UMKM, atas pelatihan tersebut, pelaku UMKM tidak lagi menggunakan jasa sirat dari luar kabupaten samosir, serta telah dilakukan pelatihan membatik bagi 16 (enam belas) orang pelaku umkm dengan hasil mampu melakukan batik tulis dengan motif gorga dan motif lainnya.

Kesebelas, Pembangunan/ revitalisasi pasar rakyat onan runggu senilai 3,7 M bersumber dari APBN dengan fasilitas antara lain: pasar tradisional, kantor pengelola dan toilet, ruang laktasi, ruang ibadah serta bak sampah. 

Keduabelas, pada tanggal 15 februari 2023, Pemerintah Kabupaten Samosir menerima piagam penghargaan atas pembangunan integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani dari pengadilan negeri balige.

Disamping beragam keberhasilan, Vandiko mengakui  juga terbentang sejumlah tantangan dan persoalan yang harus menjadi catatan dan perhatian seluruh komponen di Kabupaten Samosir. Untuk itu, Bupati Samosir Vandiko mengajak seluruh elemen masyarakat dan stakeholder untuk merenungkan perjalanan sembilan  belas tahun kabupaten samosir sekaligus mengevaluasi dengan tulus sejauh mana komitmen dasar pembentukan kabupaten samosir, apa yang belum dan sudah dilakukan untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Samsoir.

"Mari bersama-sama melihat lebih dalam rancang bangun dan refleksi tentang apa yang sudah, apa yang sedang dan apa yang akan kita lakukan, serta apa yang belum kita lakukan, untuk memperkokoh komitmen pembangunan kabupaten kita tercinta ini. Maka perayaan sembilan belas tahun perjalanan kabupaten samosir ini, akan kita gunakan bersama sebagai energi reflektif berbagai upaya dan pembenahan terus menerus, merespon seluruh harapan, aspirasi, serta kebutuhan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat," kata Vandiko.

Gubernur Sumatera Utara diwakili Staf Ahli Gubsu Bidang Ekonomi Pembangunan, Keuangan Asset dan SDA Harianto Butar-butar berharap dengan Perayaan ini, Pemerintah Kabupaten Samosir diharapkan tetap memelihara pembangunan yang berkesinambungan. Dengan keterbatasan anggaran, Pemkab Samosir ditekankan mendukung investasi, memberi kesempatan luas bagi stakeholder untuk berperan dan berkontribusi.

Menjelang pemilu dan pilkada 2024, Gubsu mengajak seluruh lapisan masyarakat memberikan dukungan dan partisipasi menjaga kekondusifan dan ketertiban demi suksesnya pelaksanaan demokrasi.

Pemrakarsa Kabupaten Samosir, Manginar Sitanggang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk  bersyukur kepada Tuhan, atas mekarnya Kabupaten Samosir sehingga saat ini dapat menikmati berbagai pembangunan. Mengajak masyarakat menyatukan persepsi dan berbuat mulai dari hal-hal kecil mendukung pemerintahan demi kesejahteraan masyarakat. Sebaliknya diharapkan Bupati Samosir mampu melaksanakan pembangunan mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

Sementara itu DPR RI Martin Manurung, Lamhot Sinaga dan DPRD Propinsi Sumut Tangkas M. Lumban Tobing memberikan dukungan pembangunan kepada Kabupaten Samosir melalui program pemerintah pusat dan propinsi. Anggota DPR RI dari Partai Nasdem Martin Manurung membawa program pertanian terpadu senilai 2.500 ha yang akan dimulai penanaman oleh Kementerian Pertanian seluas 65 ha. Anggota DPR RI dari Partai Golkar Lamhot Sinaga memberikan bantuan 5 unit handtraktor, 2 mesin pemipil jagung, 50 unit semprot elektronik, 10 unit komputer dana pembinaan sentra UMKM melalui dana aspirasinya. 

Sementara itu Anggota DPRD Sumut Tangkas Manimpan Lumban Tobing, membawa kado ultah bagi Pemkab Samosir yaitu pembenahan  3 kawasan jalan di Kabupaten Samosir senilai  Rp.58 M, Bantuan Dana Keuangan Propinsi Rp. 8,5 M. Ketiga Wakil Rakyat tersebut berharap masyarakat dan pemerintah bersatu untuk kemajuan Kabupaten Samosir. 

Bupati Samosir juga menyerahkan BPJS gratis, Bantuan Alsintan, alat keselamatan (life jacket), pemberian bantuan sosial, penyerahan kendaraan bermotor kepada penyuluh pertanian, penyerahan piagam penghargaan dan penandatangan prasasti revitalisasi pasar rakyat Onan Runggu. (Vernando/Parjo)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,709,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,71,Headline,426,Hukum,839,Humbahas,342,Jakarta,265,Jambi,227,Jawa Barat,993,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,247,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,355,Meranti,12,Mukomuko,106,Musirawas,19,Nasional,2514,Nusantara,5771,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,35,Sumatera Utara,1842,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,221,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir XIX
Perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir XIX
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhwXd4fraxhzNE4wULZc0yTePdDXVAm3M2ZfnohKU1HFg1Dfz7DjUeiBnPN8KOFlQpvfXVlHWrq0tfJgL0O_a-t4_pL0q93VQTkixBr93u3WVluMYvIt0PbuFQdxfQQRfAWAKaw-tNx4R85l3DC4TbvkHxUljFwDz2-PkqFeY5O19QFtKNdMDgAKa00/w640-h426/HARIJADI.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhwXd4fraxhzNE4wULZc0yTePdDXVAm3M2ZfnohKU1HFg1Dfz7DjUeiBnPN8KOFlQpvfXVlHWrq0tfJgL0O_a-t4_pL0q93VQTkixBr93u3WVluMYvIt0PbuFQdxfQQRfAWAKaw-tNx4R85l3DC4TbvkHxUljFwDz2-PkqFeY5O19QFtKNdMDgAKa00/s72-w640-c-h426/HARIJADI.jpg
Garuda Nusantara
https://www.garudanusantara.id/2023/03/perayaan-hari-jadi-kabupaten-samosir-xix.html
https://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2023/03/perayaan-hari-jadi-kabupaten-samosir-xix.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy