src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Pemdes Lumban Purba Doloksanggul Gelar Sosialisasi dan Pengukuhan Pengurus PATBM

HUMBAHAS, garudanusantara.id - Guna mencegah terjadinya tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di wilayah Desa Lumban Purba, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Pemerintah Desa (Pemdes) Lumban Purba menggelar sosialisasi dan pengukuhan pengurus Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Gedung Pertemuan Desa Lumban Purba, Senin (17/10/2022). 

Kegiatan itu menghadirkan pihak Aparat Penegak Hukum dari Polres Humbahas, Briptu Rajendro Pranoto selaku penyidik unit PPA satreskrim polres Humbahas dan dari Kejari Humbahas Hendra Sinaga selaku Kasi Intel Kejari Humbahas dan Kepala Dinas PMDP2A Humbahas Binsar Marbun yang tampil sebagai narasumber dalam memberikan pemaparan tentang resiko - resiko atas tindakan kekerasan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas PMDP2A (Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Perempuan dan Anak) Humbahas, Binsar Marbun mengatakan, bahwa tingkat tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat ditekan lewat kepedulian masyarakat, melalui budaya-budaya yang turun temurun dari leluhur, keimanan serta tingkat pendidikan ditengah masyarakat.

"Kekerasan itu bisa dicegah melalui nasihat-nasihat leluhur, kalau dikita batak namanya Poda, selanjutnya dengan iman terhadap Tuhan dan tingkat pendidikan masyarakat itu sendiri," terang Binsar.

Binsar juga mengutarakan, selama ini jika ada korban kekerasan yang ingin melapor, apalagi masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari kantor DPMDP2A ataupun kantor penegak hukum sangat kesulitan akibat tidak adanya pendampingan dari pihak-pihak di Desa masing-masing.

Melalui terbentuknya PATBM ini dirinya berharap para korban kekerasan yang ingin melapor dapat terbantu melalui pendampingan PATBM.

Juga PATBM, lanjut Binsar, harus dapat menjadi unit reaksi cepat yang mewakili pemerintah guna mencegah, menyelesaikan dan meminimalisir tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Desa.

"Selama ini jika ada masyarakat yang menjadi korban kekerasan, mau lapor ke Dinas atau ke kantor penegak hukum itu sangat kesulitan, ada yang tidak tau dimana letak kantor, ada yang kesulitan akomodasi dan lainnya. Jadi dengan adanya terbentuk PATBM ini masyarakat dapat pendampingan dari para pengurusnya, namun tentu kita tidak mengharapkan ada kejadian-kejadian kekerasan di Desa kita ini," pungkasnya.

Rajendro juga mengatakan, bahwa banyak kasus yang ditangani dan tren nya selalu meningkat tiap tahunnya, kasus kekerasan dalam rumah tangga itu salah satunya diakibatkan oleh alkohol, karena minum tuak contohnya, dan hal-hal sepele. 

"Jadi untuk mencegah itu bisa dengan cara menjalin komunikasi yg baik pada anak, kontrol penggunaan gadget anak, berikan kontrol terhadap pola tingkah laku anak terutama pada anak remaja setingkat SMA, karena sedang masa pubertas dan transisi," jelasnya.

Lebih lanjut, Rajendro menambahkan, menjalin kerjasama antara suami dan istri. "karena ayah dan ibu lah yang menjadi contoh untuk anak, jika ayah dan ibu sering bertengkar, maka sangat berpengaruh terhadap mental anak," tambahnya. 

Sementara itu, Hendra Sinaga dari Kasi Intel Kejari Humbahas berharap agar kegiatan itu tidak hanya dilaksanakan sebagai formalitas dan seremonial semata, namun harus bisa turut membantu menekan angka bahkan mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Kami berharap kegiatan sosialisasi dan pembentukan PATBM ini bukan hanya seremonial saja, namun bisa dijalankan dengan baik," harapnya.

Kepala Desa Lumban Purba, Marlon Tua Silaban mengapresiasi kegiatan tersebut, pihaknya juga akan memberikan atensi khusus terhadap pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Desa tersebut.

"Saya mewakili masyarakat Desa Lumban Purba sangat bersyukur dan mengapresiasi kegiatan ini, kami juga dari pemerintah desa akan memberi atensi penuh guna mencegah tindakan-tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak," ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Doloksanggul Eliapzan Sihotang, Ketua dan Anggota BPD Lumban Purba, Tokoh Masyarakat, Ketua Karang Taruna, dan Perangkat Desa Lumban Purba. (Freddy)

COMMENTS

Nama

Advertorial,56,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,637,Bengkulu,219,Bengkulu Selatan,36,Cikarang,67,Headline,349,Hukum,741,Humbahas,189,Jakarta,173,Jambi,88,Jawa Barat,766,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,176,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2076,Megapolitan,222,Meranti,12,Mukomuko,103,Musirawas,19,Nasional,2393,Nusantara,4966,Padang,2,Pagaralam,33,Pekanbaru,14,Pendidikan,7,Politik,4,Riau,221,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,28,Sumatera Utara,1542,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,81,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,51,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Pemdes Lumban Purba Doloksanggul Gelar Sosialisasi dan Pengukuhan Pengurus PATBM
Pemdes Lumban Purba Doloksanggul Gelar Sosialisasi dan Pengukuhan Pengurus PATBM
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi85YoV4Uf9m2Sifbrg-cPhAdQuOcmn73hSszc5OfyRRTaHzaKtxw14AAmiJ--S02pY6ecZzDvk6qtxf5OXxRwaeETy5mL7k70-IgGrmNTdROvMv4cvNMlX5UEww8HJkHeNN3qwLoF14gdiudmb0JMR94rSiV0IxQGGAqLu-DWPfxy0HDkPKlmNhpOa/w640-h408/SOSIALISASI%20aa.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi85YoV4Uf9m2Sifbrg-cPhAdQuOcmn73hSszc5OfyRRTaHzaKtxw14AAmiJ--S02pY6ecZzDvk6qtxf5OXxRwaeETy5mL7k70-IgGrmNTdROvMv4cvNMlX5UEww8HJkHeNN3qwLoF14gdiudmb0JMR94rSiV0IxQGGAqLu-DWPfxy0HDkPKlmNhpOa/s72-w640-c-h408/SOSIALISASI%20aa.jpg
Garuda Nusantara
https://www.garudanusantara.id/2022/10/pemdes-lumban-purba-doloksanggul-gelar_18.html
https://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2022/10/pemdes-lumban-purba-doloksanggul-gelar_18.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy