src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Ilyas Sitorus: Dewan Pendidikan Berperan Meningkatkan Mutu Pendidikan

BATUBARA, Garuda News Nusantara - Keberadaan Dewan Pendidikan di Kabupaten Batubara diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Sejalan dengan itu, Dewan Pendidikan juga dapat memberikan pertimbangan dukungan dan sekaligus mengawasi dan mediator bagi kepentingan pendidikan di Batu Bara.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus, saat membuka Sosialisasi Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Pembinaan Dewan Pendidikan, di Aula Kantor Dinas Pendidikan Batubara, Kamis, (21/11/2019).

Ilyas mengatakan, dalam era revolusi industri 4.0, sistem pendidikan nasional dihadapkan pada tantangan yang amat kompleks tetapi menarik. Oleh karena itu, kita sebagai tenaga pendidik dan kependidikan harus melakukan Transfer of knowledge. Dalam mengelola pendidikan kepada peserta didik, kita dituntut tidak boleh gaptek, ujar ilyas.

Kita berubah dari semula menjadi pemberi pengetahuan menjadi mentor, fasilitator, motivator, inspirator, pengembang imajinasi, kreativitas, nilai-nilai karakter, serta team work dan empati sosial karena nilai-nilai itulah yang tidak dapat diajarkan oleh mesin.

Selaku narasumber, DR. Darwin ST MPd menuturkan, untuk meningkatkan mutu pendidikan, semua pihak harus terlibat. Mulai dari guru, kepala sekolah, orang tua siswa, bupati, DPRD hingga pemerhati pendidikan. Selain itu, diperlukan sinergisitas bersama membangun komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Batubara.

"Untuk meningkatkan mutu pendidikan, semua pihak harus terlibat. Tak hanya itu, dan harus ada komitmen bersama. Harus ada kemauan yang kuat, tekat yang tinggi, keinginan yang dalam serta menjadi janji diri," kata Wakil Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Medan ini.

Darwin juga menjelaskan tentang identifikasi permasalahan pendidikan. Diantaranya, permasalahan kesiswaan dan lulusan, permasalahan tenaga pendidik, permasalahan tenaga kependidikan, permasalahan kurikulum, permasalahan proses pembelajaran, permasalahan sarana dan prasarana serta permasalahan kelembagaan dan pengelolaan.

Menurut Ketua Ismapi Sumatera Utara ini, permasalahan pendidikan adalah permasalahan soal kebijakan. Dimana belum tersedianya kebijakan pemerintah kabupaten/kota tentang pendidikan. Seperti perda pendidikan, perwal tentang RIP/RPJP dan proyeksi pendidikan 25 tahun kedepan.

Selain itu, masih adanya keengganan berorientasi mutu, lemahnya konsistensi implementasi kebijakan pendidikan pusat serta respon terhadap kebijakan pendidikan nasional dan daerah belum maksimal, sebagai akibat lemahnya kualitas sosialisasi dan tidak pernah diukur tingkat pemahaman pelaku pendidikan, kata Darwin.

"Untuk itu, mari kita bangun komitmen bersama. Kita rencanakan bersama, kita laksanakan bersama, hasilnya kita nikmati bersama dan resikonya kita tanggung bersama. Setelah itu, mari kita evaluasi diri kita bersama dengan jujur," ujar Darwin.

Sementara Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Batubara Zainal Alwi dalam sambutannya sangat menyambut baik kegiatan ini, kami di undang Plt. Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus sebelum ini dilaksanakan.

Kami diajak berdiskusi tentang bentuk kegiatan ini, apalagi kegiatan kali ini melihat semua jenjang pengelola satuan pendidikan ada komite sekolah, ada kepala sekolah, ada pengurus K3S, MKKS, unsur PGRI dan juga pejabat dilingkungan dinas pendidikan juga di libatkan, sehingga apa yang kita kerjakan hari ini dan besok hasilnya akan kita diketahui semua, untuk membangun pendidikan di Batu Bara tanah bertuah ini, kata Zainal.

Kegiatan seperti ini sangat kami harapkan, dan mendukung program kegiatan Plt Kadisdik. Kami juga mengikuti yang sudah dilakukan Plt. Kadisdik selama menjabat di Batu Bara, beliau Selalu mengajak sekolah untuk lebih baik dan guru guru agar membantu peserta didik dalam menggali dan mengembangkan potensi siswa, pungkas Zainal. (Sil)

COMMENTS

Nama

Advertorial,68,Anambas,9,Bandung,1,Bekasi,706,Bengkulu,237,Bengkulu Selatan,37,Cikarang,70,Headline,421,Hukum,826,Humbahas,342,Jakarta,230,Jambi,217,Jawa Barat,984,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,247,Lampung Utara,163,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2085,Megapolitan,319,Meranti,12,Mukomuko,104,Musirawas,19,Nasional,2511,Nusantara,5748,Padang,2,Pagaralam,34,Pekanbaru,15,Pendidikan,9,Politik,4,Riau,224,Rohil,390,Rokan Hilir,79,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,3,sumatera Barat,3,Sumatera Selatan,34,Sumatera Utara,1841,Tanggamus,30,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,211,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,76,Tulang Bawang Barat,28,
ltr
item
Garuda Nusantara: Ilyas Sitorus: Dewan Pendidikan Berperan Meningkatkan Mutu Pendidikan
Ilyas Sitorus: Dewan Pendidikan Berperan Meningkatkan Mutu Pendidikan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIYtSVqnpD2OgH9KXR5O9YqzW7BQJJBW8wxOIZE-DsQxcsDJP3k4_ewdZWksjVfAYCUPiuF_uIgBTneEO0T_bXAblev2unf652-ZwlYGFhbzUojo_oInS-DLIcO6oKq9o4bGjlj5xcleE/s640/BERPERAN.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIYtSVqnpD2OgH9KXR5O9YqzW7BQJJBW8wxOIZE-DsQxcsDJP3k4_ewdZWksjVfAYCUPiuF_uIgBTneEO0T_bXAblev2unf652-ZwlYGFhbzUojo_oInS-DLIcO6oKq9o4bGjlj5xcleE/s72-c/BERPERAN.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2019/11/ilyas-sitorus-dewan-pendidikan-berperan.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2019/11/ilyas-sitorus-dewan-pendidikan-berperan.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy