src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Membangun Sumatera Utara Mulai dari Sektor Ekonomi Pertanian Hulu Hingga Hilir

MEDAN, Garuda Nusantara - Anggota DPRD Sumut Wakil Ketua Pansus LKPJ Gubernur 2019 DR Timbul Sinaga SE MSA mengutarakan agar Sumatera Utara (Sumut) meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan membangun ekonomi pertanian secara moderen dengan sumber kekayaan alam yang ada.

Timbul menegaskan, dalam rangka membangun Provinsi Sumut harus dengan kajian ilmiah untuk menemukan keunggulan absolut dan relatif atas seluruh potensi yang ada termasuk mempertimbangkan skala ekonomi multiplier efecy setiap alokasi anggaran yang dialokasikan sesuai dengan potensi sumut.

Ditambahkannya, pemerintah daerah supaya melakukan pendekatan-pendekatan ilmiah terutama dalam sektor ekonomi pertanian moderen, apa yang akan dikembangkan harus dilihat dari skala ekonomi.

"Yang dibangun di sektor pertanian seperti apa? Misal kalau dipilih tanaman hortikultura jenis bawang merah atau pun cabai harus ada kajian ilmiah,” katanya.

Lebih lanjut DR Timbul Sinaga SE MSA mengharapkan pemerintah harus bisa memediasi dari hulu sampai ke hilir, mulai dari pembibitan sampai ke pemasaran pemerintah harus ikut andil dan harus ada partisipasi dibagian itu.

Seperti halnya yang telah dipaparkan beberapa waktu lalu kepada UPT balai benih induk (BBI) di Hutaraja Siborong-Borong Tapanuli Utara beberapa waktu yang lalu. "Jika dikasih bibit namun tidak dibantu dalam penanaman dan perawatan ini tidak bisa berjalan, harus dirangkul agar semua daerah Sumut  ini maju,” jelasnya.

Anggota DPRD dari Komisi C ini juga memberikan pandangan seperti halnya harga komoditi cabai akhir-akhir ini yang mengalami tren penurunan harga yang signifikan. “Pemerintah harus tanggap untuk membuka  pasar di luar daerah yang membutuhkan cabai, agar petani jangan sampai merugi,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Sumatera Utara harus ada berbagai kajian, jangan selera-selera saja. “Semua lini mesti berkolaborasi, zaman sekarang bukan zaman kompetisi tetapi zaman  kolaborasi, bergabung satu sama lain untuk menghasilkan sesuatu untuk bersinergi, satu ditambah satu kalau sama dengan dua itu bukan sinergi. Namun satu ditambah satu harus bisa lebih dari dua barulah ada hasilnya,” tambahnya.

Timbul Sinaga mengisahkan kunjungan kerja (kunker) yang diagendakan baru baru ini di daerah Penyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Wilayah sumut ini juga dianggap salah satu wilayah yang potensial untuk mendongkrak PAD daerah sumut yaitu dengan tambang emasnya.

Dalam rangka kunjungan ini juga turut memantau dan memastikan sejauh mana pemerintah daerah didalam membangun didaerah serta memastikan kontribusi daerah untuk mendongkrak PAD Sumut. (Ly Tnb)

COMMENTS

Nama

Advertorial,38,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,641,Bengkulu,177,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,306,Hukum,566,Humbahas,50,Jakarta,128,Jambi,36,Jawa Barat,558,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,9,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,174,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,1915,Megapolitan,140,Meranti,10,Mukomuko,20,Musirawas,19,Nasional,1928,Nusantara,3649,Padang,2,Pagaralam,22,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,387,Rokan Hilir,76,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1030,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,57,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,5,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,15,
ltr
item
Garuda Nusantara: Membangun Sumatera Utara Mulai dari Sektor Ekonomi Pertanian Hulu Hingga Hilir
Membangun Sumatera Utara Mulai dari Sektor Ekonomi Pertanian Hulu Hingga Hilir
https://1.bp.blogspot.com/-2zrFIHoJyQQ/Xtm4M4d7FuI/AAAAAAAAIsw/wZYxxDkxSLUASwNoyiRTCsBrzpst5oG7wCLcBGAsYHQ/s640/DPRD%2BSUMUT.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2zrFIHoJyQQ/Xtm4M4d7FuI/AAAAAAAAIsw/wZYxxDkxSLUASwNoyiRTCsBrzpst5oG7wCLcBGAsYHQ/s72-c/DPRD%2BSUMUT.jpg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2020/06/membangun-sumatera-utara-mulai-dari.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2020/06/membangun-sumatera-utara-mulai-dari.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy