src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Pjs Wali Kota Dampingi Gubsu Tinjau Lokasi Banjir Rob di Bagan Deli

MEDAN, garudanusantara.id - Penjabat  Sementara  (Pjs) Wali Kota Medan Ir  Arief Sudarto Trinugroho MT  mendampingi  Gubsu  Edy Rahmayadi  meninjau lokasi  yang  terkena  banjir rob di Jalan Bagan Deli, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Selasa (20/10) siang.  Selain menggenangi rumah, aktifitas warga pun lumpuh total karena  ketinggian banjir rob sempat mencapai sekitar 1 meter.

Kedatangan  Gubsu bersama Pjs Wali Kota beserta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait baik di lingkungan Pemprov Sumut dan Pemko Medan langsung disambut gembira warga sekitar. Mereka berharap  ada solusi dari peninjauan yang dilakukan, sebab warga selama ini selalu menjadi korban banjir rob tersebut.

Setibanya di lokasi, Pjs Wali Kota dan Gubsu langsung berjalan di tengah teriknya panas matahari untuk melihat kondisi lingkungan sekitar pasca surutnya air. Perguruan Al Wasliyah yang berada persis di depan Kantor Kelurahan Bagan Deli menjadi lokasi pertama ditinjau. Setelah itu dilanjutkan dengan  meninjau rumah warga.

Diungkapkan warga sekitar, air mulai merangkak naik  sekitar pukul 02.00 WIB sehingga ketinggiannya mencapai sekitar 1 meter.  “Yang paling parah rumah warga yang berdekatan dengan sungai, ketinggian air lebih 1 meter. Yang kasihan ibu-ibu dan anak-anak, mereka kawalahan menghadapi banjir rob tersebut,” ungkap salah seorang pria paro baya.

Gubsu dan Pjs Wali Kota dengan penuh perhatian menampung semua keluhan yang disampaikan warga. Setelah itu Pjs Wali Kota dan Gubsu berjalan hingga sampai di atas jembatan dan melihat sudah tidak ada lagi jalur hijau dipinggiran Sungai Deli. Tampak pinggiran sungai telah padat dipenuhi rumah warga.

Dari atas jembatan tersebut, Gubsu dan Pjs Wali Kota beserta pimpinan OPD terkait berdiskusi untuk mengatasi persoalan banjir rob yang selalu menerpa warga. Dari diskusi singkat yang dilakukan, Pemprov Sumut dan Pemko Medan dibantu stakeholder yang ada di kawasan tersebut segera melakukan rapat untuk menyikapi masalah warga yang selalu menjadi langganan banjir rob.

Usai diskusi kecil yang dilakukan, Gubsu menerangkan, banjir rob merupakan peristiwa alam yang terjadi sehingga apapun yang dilakukan tidak dapat untuk mengatasi maupun menghentikannya. Oleh karenanya yang perlu menjadi perhatian, jelas Gubsu, warga sekitar yang selalu menjadi korban banjir rob.

Dari hasil peninjauan dan pantauan yang dilakukan, kata Gubsu, banyak warga yang mendirikan bangunan rumah di jalur hijau. “Seharusnya jalur hijau ini ditumbuhi hutan bakau, bukan bangunan rumah warga  sehingga mengganggu ekosistem yang ada. Untuk itu kami akan bersama Pemko Medan, Pelindo, BPN bersama dengan OPD terkait pecahkan persoalan ini,” kata Gubsu.

Ketika disinggung kemungkinan dilakukan relokasi terhadap warga yang bermukim di jalur hijar tersebut, Gubsu mengatakan, masih mempelajarinya. Sebab, jumlah warga yang bermukim di jalur hijau tidak sedikit dan mencapai ribuan sehingga penanganannya akan dilakukan bertahap. “Yang pasti akan kita carikan jalan keluarnya,” jelasnya.

Usai peninjauan, Pjs Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT menyatakan, Pemko Medan siap mendukung penuh langkah yang akan dilakukan Gubsu untuk menyikapi warga yang selalu menjadi korban banjir rob. Dikatakan Arief, Pemprov Sumut akan bersinergi dengan Pemko Medan, Pelindo serta seluruh stakeholder yang ada untuk merumuskan.

“Kita bukan mengatasi dampaknya tetapi mengatasi masalahnya. Untuk itu kita akan inventarisir apa masalahnya dan bagaimana cara penanganannya, termasuk penganggarannya. Selain itu kita nanti menghimbau seluruh perusahaan besar yang ada di sekitar kawasan tersebut agar dapat menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) guna membantu secara rill masyarakat sekitar,” jelas Pjs Wali Kota. (Ly Tinambunan)

COMMENTS

Nama

Advertorial,38,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,647,Bengkulu,178,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,319,Hukum,629,Humbahas,57,Jakarta,133,Jambi,36,Jawa Barat,591,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,9,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,175,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2026,Megapolitan,149,Meranti,10,Mukomuko,20,Musirawas,19,Nasional,2007,Nusantara,3863,Padang,2,Pagaralam,22,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,388,Rokan Hilir,78,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1113,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,57,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Pjs Wali Kota Dampingi Gubsu Tinjau Lokasi Banjir Rob di Bagan Deli
Pjs Wali Kota Dampingi Gubsu Tinjau Lokasi Banjir Rob di Bagan Deli
https://1.bp.blogspot.com/-KjQpDvpBCjw/X64OoGi7TOI/AAAAAAAAKuA/tlV-v4C35SsqTgppVIovGGegB-PWgWyIgCLcBGAsYHQ/w640-h426/WhatsApp-Image-2020-10-20-at-15.30.58.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-KjQpDvpBCjw/X64OoGi7TOI/AAAAAAAAKuA/tlV-v4C35SsqTgppVIovGGegB-PWgWyIgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/WhatsApp-Image-2020-10-20-at-15.30.58.jpeg
Garuda Nusantara
http://www.garudanusantara.id/2020/11/pjs-wali-kota-dampingi-gubsu-tinjau.html
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2020/11/pjs-wali-kota-dampingi-gubsu-tinjau.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy