src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Kerjasama Media di DPRD Medan Disoal, Diduga Kuat Masih Subur Dipelihara Praktik KKN

MEDAN, garudanusantara.id - Pemerintah yang berlandaskan tranparansi dan akuntable menjadi pondasi penting bagi penyelenggaraan pemerintahan saat ini. Pemerintah dituntut untuk berkomitmen penuh terhadap tranparansi di semua aspek baik penyelenggaraan pemerintahan dengan mengedepankan prinsip tranparansi sesuai perintah perundang undangan yang berlaku.

Seperti halnya kerjasama antara Media dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan, sekretariat Dewan (sekwan), muaupun Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dengan media massa, media online di duga sarat permainan dan perlu adanya transparansi terkait anggaran yang dikucurkan dari dana Negara untuk dana publikasi.

Seperti halnya yang dialami Media ini, yang telah terdaftar secara administrasi di Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) DPRD Kota Medan, lewat bagian administrasi atas nama Aseng alias Alyan mengatakan Media ini sudah dapat bekerjasama terhitung sejak Januari 2021.

“Ok bg.. tapi saya ga bisa memastikan bisa gak nya mendapatkan kerjasama advertorial.. klu tagihan kliping bisa masuk tapi klu advertorial saya tidak bisa menjaminnya” urainya lewat sambungan Whatshap kala itu media ini didaftarkan untuk kerjasama.

Seperti biasanya, setiap kegiatan di ruang lingkup DPRD Medan yang telah terbit dalam pemberitaan pada media agar diserahkan berupa kliping untuk diserahkan ke pihak PPTK. Anehnya kerjasama itu seketika pudar, Alyan menyebut bahwa media www.garudanusantara.id hanya terdaftar di DPRD Medan pada bagian Media Cetak (Koran-red) saja bukan di Online, ujarnya.

“Media abang memang terdaftar, tapi cetak aja, karena online anggarannya tidak cukup,” pungkasnya mantap.

Anehnya hal ini disebutkan setelah kliping berita sudah diserahkan dan di terima bagian stafnya yang menyebut Alyan tidak masuk pada hari Senin tanggal 28 September 2021, oleh stafnya Ira menyarankan agar datang kembali esok hari untuk menandatangi tanda terima kliping dengan si Alyan serta membawa materai sepuluh ribu rupiah kata dia.

Ditemui diruangan kerjanya pada hari yang telah ditentukan yakni pada hari Selasa 29 September 2021,  Aseng alias Alyan tetap bersikukuh bahwa Media ini tidak dapat diterima dan kliping pemberitaan ditolak karena anggaran tidak cukup sebutnya.

Alyan berkilah bahwa media ini terdaftar hanya cetak saja kata dia sembari menunjukkan dalam tabel daftar media yang bekerja sama pada layar komputernya. Media ini kembali meminta agar memfoto tabel nama media tersebut, agar disampaikan ke pemimpin redaksi (pemred) oleh Alyan tidak boleh dengan alasan data tidak boleh difoto - foto ujarnya.

Namun ada hal yang menarik saat stafnya mengantarkan Kliping berita yang sudah dikemas rapi, tampak diselipkan uang ratusan ribu rupiah. Di duga uang tersebut sebagai uang pelicin untuk mempermudah proses penyerahan kliping tersebut.

Dilokasi awak media ini mempertanyakan hal tersebut, mengapa pada saat penyerahan kliping ada diserahkan sejumlah uang? Alyan menyebutkan uang itu untuk jilid kliping ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah bagian PPTK terkait adanya penyerahan sejumlah uang, Uni menyebut tidak mengetahui hal itu ujarnya. “Kalau itu saya tidak mengetahui, namun kalau masalah kliping berita abang itu wewenang sepenuhnya ada sama Alyan” kata dia.

Mendapati serangkaian kejanggalan tersebut, mengingat perintah perundang undangan yang berlaku di NKRI, yang mana sudah jelas disebutkan melarang untuk praktek KKN dan Pungutan Liar (PUNGLI), dan juga wajib transparan dalam menggunakan anggaran Negara. Ketua DPRD Medan, Hasyim saat dimintai tanggapannya Selasa (29/09/2021) sekira pukul 11.30 wib. Namun sangat disayangkan Hasyim belum memberikan tanggapan resmi sampai berita ini ditayangkan. (Tim)

COMMENTS

Nama

Advertorial,38,Anambas,8,Bandung,1,Bekasi,592,Bengkulu,178,Bengkulu Selatan,23,Cikarang,66,Headline,322,Hukum,636,Humbahas,57,Jakarta,138,Jambi,36,Jawa Barat,556,Kepahiyang,1,Kepulauan Riau,8,KualaTungkal,7,Labuhanbatu Utara,14,Labura,16,Lampung,175,Lampung Utara,129,Lampura,13,Lubuklinggau,4,Medan,2049,Megapolitan,139,Meranti,10,Mukomuko,21,Musirawas,19,Nasional,2016,Nusantara,3893,Padang,2,Pagaralam,23,Pekanbaru,5,Pendidikan,6,Politik,4,Riau,171,Rohil,388,Rokan Hilir,78,Seginim,1,Sibolangit,1,Simalungun,2,sumatera Barat,2,Sumatera Selatan,27,Sumatera Utara,1123,Tanggamus,26,Tanjabbar,7,Tanjung Jabung Barat,57,Tanjungpinang,2,Tapanuli Utara,6,Taput,2,Tulang Bawang,48,Tulang Bawang Barat,18,
ltr
item
Garuda Nusantara: Kerjasama Media di DPRD Medan Disoal, Diduga Kuat Masih Subur Dipelihara Praktik KKN
Kerjasama Media di DPRD Medan Disoal, Diduga Kuat Masih Subur Dipelihara Praktik KKN
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjiWBxj_J0JTFvNfONm8ZcFIQ_N8sEE1DJszKN69gg_7dD1bSzvlIF1ptDu4HSA-SekZ4nSM5Innoe6dkHkbSvP0yafvYjxnJAGe50BO4cEoJmt7l1nlCkfRKTAOS5epdfYcQyeoUwpff75S_00O76YFqYm9sZMKHXP4dqgy9eBi6UUNQwE9lf8fqWu=w640-h450
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjiWBxj_J0JTFvNfONm8ZcFIQ_N8sEE1DJszKN69gg_7dD1bSzvlIF1ptDu4HSA-SekZ4nSM5Innoe6dkHkbSvP0yafvYjxnJAGe50BO4cEoJmt7l1nlCkfRKTAOS5epdfYcQyeoUwpff75S_00O76YFqYm9sZMKHXP4dqgy9eBi6UUNQwE9lf8fqWu=s72-w640-c-h450
Garuda Nusantara
https://www.garudanusantara.id/2021/09/kerjasama-media-di-dprd-medan-disoal.html
https://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/
http://www.garudanusantara.id/2021/09/kerjasama-media-di-dprd-medan-disoal.html
true
9203857902923243004
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy